oleh

Pemkab Sumenep Kembali Raih WTP untuk Ketiga Kalinya

Kabarmadura.id/SUMENEP-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep di bawah kepemimpinan Bupati A. Busyro Karim dan Achmad Fauzi sebagai wakilnya, kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI berdasarkan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019.

Penghargaan opini WTP yang diberikan secara virtual conferencing dengan BPK itu, juga digelar acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD 2019 di ruang rapat Arya Wiraraja lantai II (29/6/2020).

Bupati Sumenep A. Busyro Karim menyampaikan, segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan, karena memang masih banyak kelemahan dan kekurangan dalam menyusun LKPD. Sehingga dengan hasil kerja sama antara organisasi perangkat daerah (OPD) dalam merealisasikan anggaraan maka predikat tersebut kembali didapatkan.

Pemeriksaan interim atau langkah awal dimulai pada 27 Januari sampai 19 Februari 2020 lalu. Kemudian pemeriksaan lanjutan terperinci dan secara on desk mulai April hingga 20 Mei. Pemeriksaan terakhir pada 26 Mei hingga 9 Juni 2020.

Bupati yang akrab disapa Buya itu menyatakan, dalam rangka menindaklanjuti temuan dari hasil pemeriksaan, telah menyusun rencana aksi (action plan) yang dalam implementasinya membutuhkan bimbingan serta arahan BPK. Sehingga tidak ada lagi permasalahan atau kesalahan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas segala masukan dan koreksi. Harus diakui masih banyak kelemahan dan kekurangan kami dalam menyusun laporan keuangan pemerintah daerah, sehingga masih ada temuan-temuan yang harus diperbaiki untuk ke depannya,” katanya, Senin (29/6/2020).

Selain itu, keberhasilan dalam meraih predikat opini WTP tahun 2020 merupakan yang ketiga kalinya, pasalnya pada hasil pemeriksaan LKPD tahun anggaran 2019 dan 2018 juga meraih WTP. Sehingga dengan capaian ini menjadi semangat tersendiri bagi para pemangku kebijakan di setiap OPD.

Bupati yang sudah menjabat dua periode itu juga berharap, keharmonisan saat menjalankan tugas bisa istikamah atau bisa berlanjut di masa mendatang. Apabila terdapat tanggapan yang kurang berkenan, untuk saat ini pihaknya tetap akan berupaya lebih baik lagi.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada kepala BPK RI Perwakilan Jawa Timur beserta pihak terlibat yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep,” imbuhnya.

Dia juga berharap agar hubungan pemerintah Sumenep tetap bisa menjalin secara baik dengan semua pihak, terlebih dengan BPK RI selaku pihak kontrol terhadap kebijakan penggunaan anggaran. (ara/waw)

 

Komentar

News Feed