Pemkab Sumenep Mulai Longgarkan Izin Pendirian Minimarket

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) DIPERMUDAH: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melonggarkan izin pendirian minimarket dengan syarat sesuai prosedur.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melonggarkan izin pendirian minimarket dengan syarat dan prosedur tertentu. Sebelumnya, izin pembangunan sempat dibatasi oleh Pemkab.

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumenep Kukuh Agus Susyanto mengatakan, bahwa saat ini ada kebebasan dalam mendirikan toko modern, termasuk minimarket. Para pengusaha bisa mengurus perizinannya.

“Yang penting sesuai prosedur. Yakni sesuai dengan PP Nomor 5 dan 6 Tahun 2021,” katanya, Senin (27/9/2021).

Ia juga menambahkan, bahwa pembangunan toko harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). “Saat ini kurang lebih sebanyak 25 toko modern yang mengurus izinnya. Proses saat ini sudah dilakukan, sehingga nantinya memiliki izin,” tandasnya.

Pria yang sering disapa Kukuh itu menjelaskan, pengurusan perizinan sangat mudah dan cepat. Pengusaha bisa langsung mengajukan izin ke pemerintah pusat melalui online single submission (OSS). Meski demikian, pemerintah tetap berperan dalam mengeluarkan izin secara lengkap. Sebab, ada dokumen yang tidak bisa dikeluarkan melalui OSS.

“Hal dimaksud harus mengeluarkan surat izin lingkungan. Kemudian, setelah izin lingkungan selesai, harus mengurus surat izin mendirikan bangunan dan gedung (SIMBG),” ucapnya.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Sumenep Juhari mengatakan, pengurusan izin toko modern dan sejenisnya harus sesuai prosedur. “Tidak apa-apa izin minimarket dibebaskan mengurus izin. Tetapi, harus sesuai prosedur,” tegasnya.

 

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *