Pemkab Sumenep Perlu Menangani Tambang Ilegal dengan Serius

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) PERLU TINDAKAN TEGAS: Keberadaan tambang ilegal di Sumenep belum ditangani secara serius oleh pemkab.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Persoalan tambang ilegal atau galian C belum ditindak secara serius oleh pemkab. Senada dengan hal itu, praktisi hukum Naghfir mengatakan, tambang ilegal merupakan kejahatan terstruktur yang menimbulkan kerusakan lingkungan.

“Seharusnya ada peraturan daerah (perda) khusus mengenai tambang itu. Sehingga, nantinya dapat untuk dibuatkan dasar yang kuat untuk penindakan,” katanya, Kamis (22/7/2021).

Bacaan Lainnya

Dosen muda itu menyampaikan. jika pemkab tidak tegas, maka tambang ilegal akan meluas. “Ini perlu disikapi, jika tidak maka akan berdampak pada lingkungan. Terlebih saat ini akan menghadapi musim hujan dan potensi banjir akan terjadi,” tegasnya.

Ia juga mengatakan, pertambangan ilegal mengeksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran, mendistribusikan, dan menjual hasil tambangnya di luar koridor hukum. Sehingga aktivitas tersebut terhindar dari pajak negara dan merusak harga pasaran, karena hasil yang mereka jual umumnya di bawah harga pasar.

“Selain itu akan berdampak pada berkurangnya populasi dan habitat satwa serta berpotensi longsor,” tandasnya.

Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti Sutioningtyas mengakui, semua galian C tidak berizin. Tetapi sampai saat ini belum ada penindakan.

Sementara itu, Kasubag Pertambangan ESDA Pemkab Sumenep Aditya mengutarakan, masyarakat tidak mendengarkan apa yang disampaikan pemerintah. Padahal, sudah diwanti-wanti untuk mengurus izin. Bahkan, sosialisasi sudah dilakukan.

“Sampai saat ini belum ada para penambang yang mengurus izin. Ini kenakalannya,” ucapnya

Diketahui, tercatat sebanyak 130 tambang ilegal di Sumenep yang sampai saat ini belum mengantongi. “Kami berharap ada efek jera untuk para penambang,” ucap pria yang akrab disapa Adit itu. (imd/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *