oleh

Pemkab Sumenep Sediakan RSUD di Kepulauan

Kabarmadura.id/Sumenep-Segala aspek menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Tidak terkecuali kesehatan. Demi mengoptimalkan pelayanan kesehatan, Bupati A. Busryo Karim meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kelas D atau dengan nama Abuya Kangean, di Kecamatan Arjasa, Kamis (17/09/2020).

Peresmian RSUD yang dimulai dengan gunting pita tersebut dalam rangka meningkatkan fasilitas kesehatan seperti mempermudah pelayanan. Baik proses persalinan, maupun segala aktifitas tentang kesehatan di kepulauan.

Bupati Sumenep A Busyro Karim, menjelaskan fasilitas di RSUD tersebut lengkap dengan tenaga medis yang mempuni. Hal itu dilakukan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kepulauan.

Sehingga perhatian di berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial lainnya memang diprioritaskan. Menurutnya sebagai bakti terhadap masyarakat Sumenep secara umum, dengan puncak harapan mengatrol kualitas SDM.

 “Pemerintah Kabupaten sejak lama memulai hal itu, apalagi kesehatan memang kebutuhan yang tidak bisa dihindari,” ucapnya.

Bupati dua periode itu juga mengapresiasi terhadap salah satu tenaga medis, yang memang lahir,  tumbuh besar, dan mengabdi di kepulauan. Menurutnya  upaya awal memberikan pertolongan kepada masyarakat kepulauan. “Sehingga yang mestinya dirujuk, sudah bisa ditangani di sini (kepulauan red),” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid)  Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Moh Nur Insan, mengatakan, perencanaan peresmian rumah sakit tersebut sangat matang. Realitasnya dilengkapi dengan fasilitas yang memenuhi standar.

Termasuk jumlah tenaga medis berjumlah 78 dengan rincian terdiri dari dokter umum,  dokter gigi, analis farmasi. Kelengkapan SDM tersebut, sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap seluruh daerah di Kota Keris ini.

“Tenaga yang diharapkan untuk kangean kedepan adalah dokter spesialis, untuk yang lain bisa dikroscek sendiri, sudah memenuhi standar,” tukasnya. (ara/ito/*)

Komentar

News Feed