Pemkab Sumenep Terus Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui BUMDes


Pemkab Sumenep Terus Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui BUMDes
(DOK. HUMAS PEMKAB) Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat meresmikan Pertashop BUMDes Bunga Desa di Desa Campaka, Kecamatan Pasongsongan, Kamis (13/10/2022).

KM.ID | SUMENEP -- Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Anwar Syahroni menghadiri kegiatan launching pertashop yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bunga Desa di Desa Campaka, Kecamatan Pasongsongan, Kamis (13/10/2022). 

Dalam sambutannya, Bupati Fauzi menyampaikan apresiasi terhadap berdirinya pertashop yang diinisiasi oleh BUMDes di Desa Campaka. Karena hal itu bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa. 

"Ini patut diapresiasi. Apalagi pengelolanya kaum perempuan," kata Bupati Fauzi. 

Dia menilai, keberanian BUMDes Bunga Desa hingga memiliki kepercayaan dan keyakinan untuk bisa mengelola usaha merupakan satu langkah menuju kemajuan. Sebab, setiap ikhtiar atau usaha itu tidak selalu dimulai dari yang besar, tapi bisa dimulai dari yang kecil terlebih dulu. 

Orang nomor satu di Sumenep itu juga meyakini, usaha yang dikelola dengan benar dan optimistis, akan membantu meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) di setiap tahunnya.

Sehingga, Bupati Fauzi berharap, langkah yang dilakukan BUMDes Bunga Desa ini bisa diikuti oleh BUMDes lainnya di Sumenep.

"Saya yakin, keinginan pemerintah daerah untuk melebarkan sayap mencetak desa mandiri bakal terwujud. Salah satu prosesnya melalui adanya BUMDes," imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, Bupati Fauzi menambahkan, adanya BUMDes juga dinilai mampu membuka lapangan pekerjaan baru dan perekonomian masyarakat akan melaju lebih cepat.

Sementara Kepala DPMD Sumenep Anwar Syahroni mengungkapkan, pihaknya akan terus mendorong pemerintah desa untuk menghidupkan BUMDes yang telah dibentuknya.

Selain itu, dia juga menekankan agar pengelola BUMDes berasal dari luar aparatur pemerintah desa, yang tentunya mempunyai pengetahuan yang cukup dalam dunia bisnis. 

"Kami selalu konsisten berkoordinasi dengan Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sumenep, untuk terus memberikan pemikiran yang visioner terutama dalam melahirkan desa-desa yang mandiri," paparnya.

Sedangkan Direktur Utama (Dirut) BUMDes Bunga Desa Latifah menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan launching Pertashop BUMDes Bunga Desa. 

Dia mengakui hal itu akan menjadi pecutan semangat tersendiri untuk kemajuan BUMDes di Desa Campaka ke depannya. 

"Terima kasih banyak kepada semua pihak. Terkhusus kepada Bapak Bupati Sumenep dan Kepala DPMD Sumenep," tukasnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Sule Sulaiman