Pemkab Wacanakan Bentuk Paguyuban Penambang

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep wacanakan pembentukan paguyuban penambang. Dengan adanya paguyuban tersebut bakal membantu pembinaan secara intensif.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Energi Sumber Daya Alam (ESDA) Setkab Sumenep Mohammad Sahlan. Menurutnya, paguyuban tambang selama ini masih belum ada. Oleh karena itu, paguyuban tambang bakal diusahakan tahun ini. Sebab, hal tersebut dapat memberikan hal positif pada masa depan penambang. Dengan demikian dapat mempermudah pembinaan kepada masyarakat.

“Setidaknya para penambang membentuk paguyuban yang nantinya dapat mempermudah semua penambang di Sumenep,” katanya, Selasa (1/9).

Dijelaskan, nantinya para penambang mengajukan ke pemkab. Untuk selanjutnya nanti dapat diusulkan kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dengan adanya paguyuban nantinya juga dapat membina anggotanya sehingga hasil sosialisaai ini bakal menyeluruh dan wawasan di masing -masing penambang tidak diragukan lagi. Agar penambang tidak sembarang menggali potensi alam yang berbahaya.

“Pembinaan ini dilakukan secara bertahap dan sumua peserta dibina secara detail pula,” tukasnya.

Sahlan menjelaskan, jika perlu dibentuklah AD ART sehingga terstruktur serta mempunyai payung hukum yang jelas.

“Ketika dibentuk paguyuban maka bakal terstruktur dan sistematis,” tukasnya
Sebelumnya, pengusaha tambang Anang Suharto juga mengaku senang jika pemerintah memperhatikan para penambang dengan demikian masyarakat memiliki wawasan yang luas. “Kami sangat mendukung langkah yang dilakukan pemerintah selama ini,” tuturnya. (imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *