oleh

Pemungutan Suara Ulang di Desa Masalima Digelar

Kabarmadura.id/SUMENEP-Berdasarkan ditemukannya dugaan kecurangan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3, Desa Masalima, Kecamatan Masalembu, diselenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS tersebut oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Selasa (23/4). PSU itu atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat.

“Hari ini pelaksanaan PSU di satu TPS di Masalembu. Sekarang sudah berlangsung PSU-nya,” ungkap Ketua KPU Sumenep A Warits.

Sebelumnya, tepatnya tanggal 17 April atau hari H pencoblosan, ditemukan ratusan surat suara yang telah tercoblos duluan dengan rincian, 70 surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres), 59 surat suara untuk calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), 68 surat suara untuk caleg Dewan Perwakilan  Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur (DPRD Jatim), dan 69 surat suara untuk caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep.

Warits menambahkan bahwa di TPS 3 Desa Masalima terdapat 212 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Berhubung ditemukan kecurangan yang merugikan salah satu paslon atau caleg lainnya, perlu dilakukan PSU atas asas keadilan bagi masyarakat yang ingin menggunakan hak pilihnya untuk menentukan masa depan bangsa dan negara.

Komisioner KPU tersebut berharap PSU di TPS 3 ini berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan pelanggaran lagi, apalagi kesalahan yang sama dengan sebelumnya, sehingga rekapitulasi pemungutan suara semakin cepat dan cepat pula ditemukan pemenangnya dalam pesta demokrasi kali ini. (mad/rei)

Komentar

News Feed