oleh

Penanganan Kasus PKH Lelet, Puluhan Warga Duduki Kejari Sampang

Kabarmadura.id/Sampang-Puluhan warga Bira Barat, Kecamatan Ketapang, menduduki Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang, Selasa (12/11). Hal itu dilakukan warga, lantaran laporan atas puluhan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di desa tersebut, tidak menerima penyaluran selama beberapa tahun terakhir, tidak kunjung diproses secara hukum.

Salah satu perwakilan warga Desa Bira Barat Khoirul Kalam memaparkan, warga memiliki mosi tidak percaya atas kinerja Kejari Sampang, pihaknya menilai Kejari lelet dalam menangani kasus yang sudah dilaporkan sejak lima bulan lalu itu.

Dirinya mengungkapkan, dalam laporan yang disampaikan pada Kejari Sampang, terdapat sebanyak 21 KPM PKH di Desa Bira Barat yang tidak menerima pencairan bantuan sosial tersebut. Bahkan puluhan KPM yang tidak menerima pencairan itu, tidak pernah menerima ATM, tidak pernah mengetahui keberadaan buku tabungan mereka.

Ironisnya, meski para penerima tidak mendapatkan pencairan bansos itu, hasil print out yang dikeluarkan oleh pihak bank penyalur atas tabungan puluhan KPM PKH itu, diketahui dana bantuan sudah ditransfer dan masuk ke rekening masing-masing penerima.

“Kasus PKH di Desa Bira Barat ini, perbuatan melawan hukumnya sudah ada dan terpenuhi, yang berpotensi menjadi tersangka dalam kasus ini, kami tidak tahu, tetapi kemungkinan oknum perangkat desa setempat, karena pihak pendamping mengaku bahwa segala bentuk kegiatan pendampingan disabotase oleh oknum perangkat desa,” ucap Khoirul, kemarin (12/11)

Ia menjelaskan, puluhan KPM PKH yang tidak menerima pencairan bantuan itu, sejatinya sudah terjadi sejak tahun 2016 lalu. Untuk itu, pihaknya berharap penanganan kasus tersebut segera dituntaskan, agar jelas siapa yang mengambil hak puluhan penerima bantuan, sehingga bisa segera ditetapkan sebagai tersangka.

“Keberadaan buku rekening KPM hingga kini belum diketahui ada di siapa, apakah ada di perangkat desa atau pendamping, karena KPM tidak pernah tahu buku tabungannya dan tidak mendapatkan haknya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Sampang Edi Sutomo mengungkapkan, penanganan hukum atas laporan warga Desa Bira Barat ini, terkait KPM PKH yang tidak menerima pencairan bantuan ini, hingga kini masih dalam tahap penyelidikan, pihaknya mengaku menunggu hasil ekspos pada pekan datang, sehingga bisa menentukan sikap.

“Laporannya, ada puluhan KPM PKH di desa Bira Barat yang bantuannya tidak sampai kepada penerima, saat ini masih terus kami dalami, kami masih menunggu ekspos minggu depan,” singkatnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed