Pencairan BLT DD di Sampang Hanya Bulan Januari

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) MENUNGGU: Ribuan KPM BLT DD menunggu pencairan bantuan segera dilakukan sebelum pelaksanaan Idul Fitri

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Realisasi bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) hanya cukup untuk periode Januari. Sehingga, keluarga penerima manfaat (KPM) hanya menerima bantuan satu periode. Yakni bulan Januari 2021, dengan nominal Rp 300 ribu. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Irham Nurdayanto, Rabu (5/5/2021).

Menurutnya, sebanyak 180 desa harus rampung menyalurkan BLT DD sebelum lebaran tiba. Meski ada  rencana, akan merapel beberapa periode untuk pencairan BLT DD, masih terganjal pencairan. Bahkan, untuk tahun ini sebesar 40 persen dari anggaran harus ada pengajuan.

Bacaan Lainnya

”Pengajuan itu dilakukan bertahap menjadi tujuh sub tahap. Tahap 1 sub 1: dana Covid-19 8 persen DD, kedua Tahap 1 sub 2: DD reguler (40 persen-sub 1 dana Covid dan BLT 5 bulan),” ujarnya.

Sedangkan tahun lalu berbeda, pengajuan pencairan DD tahap 1 langsung 40 persen. Saat ini, dibagi menjadi beberapa sub tahap untuk pencairannya. Yakni, per tahap dibagi menjadi tujuh sub tahap. Sehingga, selain sempat ada perpindahan bank juga akibat sistem yang rumit menjadi kendala pencairan.

Namun lanjut Irham, pihaknya akan tetap merealisasikan BLT DD sebelum lebaran. Sehingga, proses pencairan akan dilakukan dengan cepat. Setiap hari dijadwalkan ada 12 desa yang mencairkan BLT DD. “Kami targetkan sebelum tanggal 12 Mei 2021 harus sudah selesai. Dari perhitungan sangat bisa, meski yang diberikan kali ini hanya satu periode,” optimisnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Sampang Moh. Iqbal Fathoni meminta agar realisasi BLT DD harus cepat. Sebab, dana itu bisa dimanfaatkan oleh KPM. Bahkan, kebutuhan masyarakat meningkat menjelang idul fitri. “Kami berharap DPMD bisa mengatasinya. Semua KPM sudah menerima bantuan itu sebelum lebaran,” tegasnya.  (man/ito)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *