Pencairan BOS Afkin Tunggu Rekomendasi Disdik Sumenep

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) PASTIKAN: Sebanyak 86 sekolah akan mendapatkan dana Afkin

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Bantuan operasional sekolah (BOS) afirmasi dan kinerja (afkin) di Dinas Pendidikan Sumenep masih belum dicairkan,. Pihak sekolah saat ini menunggu surat rekomendasi dari dinas terkait. Tercatat ada 86 sekolah yang mendapatkan BOS afkin tersebut.

Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Sumenep Syaiful Rijal Alinata mengatakan, meski sekolahnya tercatat sebagai penerima BOS kinerja, namun saat ini bantuan itu belum dapat dicairkan. Diakuinya semua persyaratan sudah dilengkapi. Maka dari, pihaknya hanya tinggal menunggu rekomendasi dari Disdik Sumenep.

“Jika sudah ada petunjuk dari Disdik Sumenep maka dana BOS kinerja akan segera cair,” katanya, Senin (13/09/2021).

Dikatakannya, sesuai anggaran yang tercantum lembaganya akan mendapatkan Rp100 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan perpustakaan, peralatan sarana dan prasarana terlebih untuk pengebangan kemampuan siswa.

“Penggunaan dana afkin untuk menunjang pendidikan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Sumenep Nanik Mujiati membenarkan, BOS afkin belum dapat dicairkan, termasuk BOS reguler. Dijelaskannya, sekolah memiliki kewenangan untuk menentukan penggunaan dana BOS afkin sesuai dengan prioritas kebutuhan sekolah dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan dana BOS reguler.

”Penggunaan dana BOS afkin hanya untuk kepentingan peningkatan layanan pendidikan di sekolah, penggunaan dana harus didasarkan pada kesepakatan dan keputusan bersama antara tim BOS sekolah, guru, dan komite sekolah,” jelasnya.

Secara terpisah, Kasubbag Penyelenggaraan Tugas Pembantu Disdik Sumenep Tri Fathanah mengatakan, saat ini semua sekolah sudah memenuhi persyaratan. Ada 86 sekolah yang akan mencairkan BOS afkin.

”Insya Allah satu hari lagi sudah cair. Kami akan berikan rekomendasi untuk dapat diambil di rekening sekolah masing-masing,” ucap dia.

Dikatakannya, dari 86 sekolah yang akan mendapatkan BOS afkin yakni, 37 sekolah SD/SMP negeri yang akan mendapatkan BOS afirmasi. Sedangkankan untuk BOS kinerja ada sebanyak 49 sekolah.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *