Pencairan BOS Kinerja di Sampang Terganjal RKA

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SUBHAN) BANTUAN: Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang memastikan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja sudah masuk ke rekening sekolah.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Sepanjang tahun anggaran 2021, Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang memastikan ada lima lembaga sekolah dasar (SD) Negeri kecipratan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sebesar Rp300 juta. Setiap sekolah mendapatkan Rp60 juta.

Masing-masing, SDN Pajeruan I, SDN Gunung Eleh 2, SDN Kramat 2, SDN Gulbung 4 dan SDN Delpenang 2. Sedangkan jumlah total SDN di daerah yang berjuluk Kota Bahari mencapai 617 lembaga yang tersebar di 14 kecamatan. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdik Sampang Arif Budiansor, Selasa (21/9/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, penentuan lembaga penerima BOS Kinerja langsung dari pusat, tanpa pengajuan dari instansinya. Sedangkan ketentuannya, setiap sekolah penerima bantuan harus menyetorkan rencana kerja dan anggaran (RKA). Saat ini, dana BOS kinerja sudah masuk ke rekening masing-masing lembaga penerima.

Sedangkan peruntukannya, mengacu kepada petunjuk teknis (juknis) yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. “Dana BOS Kinerja ini sudah cair, tapi sekolah penerima belum menyetor RKA ke kami hingga sekarang, jadi kami belum tahu terkait realisasinya,” ujarnya.

Lanjut dia pria yang akrab disapa Arif menjelaskan, sejumlah sekolah penerima BOS Kinerja lantaran berhasil menjadi salah satu sekolah yang memiliki prestasi. Diantaranya,  prestasi sekolah dengan ketentuan paling sedikit tiga peserta  didik  berprestasi dalam  perlombaan  di  tingkat  nasional atau internasional dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Sedangkan peruntukan BOS Kinerja, digunakan  untuk pembiayaan kebutuhan sekolah dalam rangka menunjang berbagai upaya peningkatan prestasi dan talenta peserta didik di sekolah tersebut. Sehingga capaian prestasi sekolah atau siswa bisa terus ditingkatkan. “Yang jelas BOS Kinerja ini difokuskan untuk belanja dalam rangka peningkatan prestasi sekolah dan siswa, bisa untuk pengadaan komputer dan semacamnya,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Pendidikan (DP) Sampang Zainuddin meminta, pihak Disdik berperan aktif dalam memberikan pendampingan terhadap sekolah penerima program. Sehingga bantuan BOS Kinerja untuk meningkat prestasi terealisasi secara maksimal. “Jadi tidak hanya asal terserap, melainkan terbelanjakan untuk pemenuhan kebutuhan sekolah guna meningkat prestasinya kedepan,” responnya.

Sebagaimana diketahui, Berdasarkan Permendikbud Ristek Nomor 16 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) BOS Kinerja dan BOS Afirmasi Tahun Anggaran 2021 menyebutkan Dana Bantuan BOS Kinerja merupakan  program Pemerintah Pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan  dasar  dan  menengah  yang  dinilai  berkinerja baik  dalam  menyelenggarakan  layanan  pendidikan  yang ditetapkan oleh Kementerian.

Sekolah penerima Dana BOS Kinerja, terdiri atas tiga kategori. Pertama sebagai  sekolah penggerak, kedua sekolah yang memiliki prestasi dan sekolah yang memiliki mutu baik yang memerlukan sarana sanitasi. Untuk Kabupaten Sampang termasuk dalam kategori sekolah berprestasi.

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *