Pencairan Dana Banpol Tunggu Penetapan Ketua DPRD Definitif

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP-Pencairan Dana Bantuan Politik (Banpol) Pamekasan tahun 2019 dibagi menjadi dua tahapan. Untuk tahap pertama sudah dicairkan di awal tahun, sedangkan untuk tahap kedua menunggu dilantiknya ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan yang sampai saat ini masih belum ditentukan.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pamekasan Abdul Muin menyampaikan, untuk pencairan dana bantuan tersebut masih menunggu penetapan Ketua Definitif DPRD Pamekasan.

“Pecairannya menunggu dari keputusan DPRD hasil pemilu yang kemarin,” paparnya, Senin (23/9).

Ditambahkan olehnya, partai politik (parpol) yang bisa memperoleh dana bantuan tersebut adalah mereka yang mempunyai kursi di DPRD Pamekasan. Parpol yang tidak memiliki wakil di legislatif tidak bisa memperoleh bantuan karena aturan yang sudah mengatur rumusannya.

“Banpol bagi parpol itu berdasarkan pemilihan legislatif tanggal 17 alApril lalu,” ungkapnya.

Adapun khusus dana bantuan tersebut nominalnya Rp1.900 persuara. Semakin besar suara yang didapatkan dalam pemilu, maka semakin besar pula perolehan dana banpol dari pemerintah.

Menurutnya pada periode sebelumnya ada partai yang mandapatkan kursi di legislatif, tetapi untuk masa sekarang tidak mendapatkan kursi. Maka secara otomatis untuk pencairan banpol tahap kedua partai tersebut tidak mendapatkan sehingga diganti oleh partai yang lainnya sebagai penerima.

“Seperti PDIP periode ini tidak punya kursi di DPRD, maka parpol itu sekarang tidak menerima banpol,” ujarnya.

Dia menuturkan untuk penetapannya kapan dikelurkan, menunggu info lanjutan dari DPRD Pamekasan.

“Tapi yang jelas belum ditetapkan,” pungkasnya. (rul/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *