oleh

Pencairan Dana BOS di Pamekasan Terhambat NPHD

Kabarmadura.id/Pamekasan-Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tahun 2020 dipastikan mengalami peningkatan. Namun bantuan yang mengalami perubahan tahapan pencairan itu, sampai saat ini belum dapat dicairkan lantaran masih menunggu Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Kepala  Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan Prama Jaya melalui Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Halidi mengatakan, pada tahun 2020 secara total masih belum bisa dijelaskan angka dananya. Sebab, pihaknya masih menunggu NPHD.

Namun jika mengacu pada pagu dana BOS tingkat sekolah dasar (SD) pada tahun anggaran 2019 sebesar Rp46,7 miliar. Pihaknya memastikan tahun ini aka nada anggaran dana bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut.

“Berapa jumlah dari masing-masing (lembaga, red) kita menunggu NPHD dulu dari kementerian,” paparnya. Kamis (20/2/2020).

Dirinya menjelaskan, saat ini progress dari proses NPHD hanya menunggu verifikasi dari Kementerian Pendidikan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI). Sedangkan untuk segala bentuk berkas administrasi, pihaknya mengaku sudah menyiapkan secara utuh.

“Kita masih menunggu verifikasi dari Kemendikbud,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijabarkan olehnya, untuk tahun 2020 dana BOS bertambah Rp100 ribu. Dari bantuan semula Rp800 ribu setiap siswa, maka untuk tahun ini menjadi Rp900 ribu. Peningakan nominal bantuan itu sebagai bentuk dukungan terhadap proses pendidikan di setiap sekolah.

“Untuk tahap pertama pencairan dana BOS bisa dilakukan oleh 471 SD,” pungkasnya. (rul/pin)

 

Komentar

News Feed