Pencairan DD Tahap III Molor

  • Whatsapp
KM/IST

Kabarmadura.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang menyebut pencairan dana desa (DD) tahap III tahun 2018 belum bisa dilaksanakan.

Sebabnya, anggaran DD masih berada di rekening kas Negara (RKN) dan belum ditransfer ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Di samping itu, masih ada persyaratan yang belum terpenuhi, yakni input data pelaporan serapan anggaran.

Kepala Bidang Bina Pemerintah Desa DPMD Sampang Suhanto berujar, untuk memperoses transfer DD dari RKN ke RKUD hingga ke rekening desa semua persyaratan harus terpenuhi, termasuk pelaporan DD pada tahap sebelumnya melalui aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara (OM SPAN) yang hingga saat ini belum kelar.

”Sampai saat ini, pencairan DD tahap terakhir belum bisa diproses, karena pelaporan melaui OM-SPAN belum tuntas, sehingga dana belum ditransfer dari RKN ke RKUD untuk dilanjutkan ke masing-masing desa yang mengajukan pencairan,” ujar Suhanto saat dikonfirmasi Kabar Madura.

Menurut dia, selama proses pelaporan melaui OM-SPAN belum selesai, maka dana tidak bisa ditransfer ke RKUD. Sementara ini pihaknya mengaku sudah melakukan upaya input pelaporan realisasi DD semua desa ke OM SPAN, namun hasilnya belum tuntas.

”Kemungkinan dalam waktu satu minggu ke depan, proses input data ke OM-SPAN ini tuntas. Transfer dana dari RKN ke RKUD segera diproses. Setelah itu, desa dapat mengajukan pencairan DD tahap III,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPPKAD Sampang, Suhartini Kaptiati belum bisa memberikan keterangan ihwal progres pelaporan realisasi anggaran dan program DD melaui OM-SPAN.

Saat dihubungi melalui telpon pribadi, yang bersangkutan beralasan sedang sibuk. Hingga berita ini diterbitkan yang bersangkutan belum bisa dimintai keterangan lebih lanjut.

”Maaf mas, saya lagi sibuk sedang rapat. Nanti saja,” singkatnya. (sub/sam/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *