oleh

Pencairan DD Tahap III Tunggu Transferan Kemenkeu

Kabarmadura.id/Pamekasan -Pencairan dana desa (DD) tahap III di wilayah Kabupaten Pamekasan mulai menjadi bahan perbincangan. Sebab, informasi yang beredar pencairan tersebut segera terealiaasi.

Bahkan, Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan memastikan, pencairan DD tinggal menunggu trasferan dari Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKD Pamekasan  Sahrul Munir mengatakan, pencairan DD untuk  178 desa di Pamekasan, dibagi menjadi tiga tahapan. Pertama, pencairan yang masuk ke kas daerah (kasda) sebesar 20 persen. Begitu pun pencairannya 20 persen dari total DD yang diterima setiap desa.

“Selanjutnya untuk tahap kedua dan ketiga sebanyak 40 persen dari total DD yang diterima oleh setiap desa. Insyallah untuk pencairannya dalam minggu ini kementerian akan mentransfer dana itu ke kasda,” ujarnya, Minggu (3/11).

Sahrul menjelaskan, setelah DD tersebut ditransfer, maka akan segera merealisasikan ke masing-masing rekening desa untuk dipergunakan sesuai dengan perencanan desa yang telah diproyeksikan. Sehingga pembangunan desa  terselesakan dengan secara optimal.

“Karena berdasarkan regulasi, seminggu setelah masuk Kasda harus ditrasnsfer kepada setiap desa. Pencairan DD ini, bukan semerta-merta langsung dicairkan melainkan melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan sebagai aturan.  Dengan catatan desanya tidak bermasalah, itu pun jika sudah lengkap persyaratannya,” jelasnya.

Lebih lanjut Sahrul menjelaskan, syarat untuk pencairan DD  diwajibkan menyetor laporan pengerjaan yang sudah dikerjakan pada periode sebelumnya. Kemudian, Dinas Pemberdayaan dan Desa (DPMD) yang akan melakukan verifikasi. Teritama verifikasi tentang penggunaan DD di setiap desa.

Sedangkan  untuk total  DD tahap I hingga III pada tahun 2019 mencapai Rp198.798.859.000. Secara teknis, pihaknya hanya mencairkan dana yang sudah direkomendasi dari pihak PMD. Sebab yang mengetahui teknis di lapangan yakni DPMD.

“Memang kemarin ada sekitar tujuh desa yang belum kami cairkan. Kami harap untuk desa yang masih belum melengkapi segala persayaratan pencairan segera penuhi. Agar pembangunan di desa berjalan lancar dan seperti yang diinginkan pemkab menjadikan desa yang hebat,” tukasnya. (rul/ito/waw)

 

Komentar

News Feed