Pencairan PKH Bumil Tahap 4 Sasar 638 KPM

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Pencairan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk ibu hamil (Bumil) oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pamekasan dibagi menjadi 4 tahap. Pada tahap keempat, bantuan tersebut sasar 638 kelompok penerima manfaat (KPM).
Sebumnya, untuk tahap ketiga ada 554 orang, untuk tahap kedua ada 636 orang, dan untuk tahap pertama ada 503 orang.

Menurut Kadinsos Pamekasan melalui Kordinator Kabupaten PKH Hanafi, hanya pencairan tahap keempat yang belum dilakukan. Diproyeksikan, pencairan akan dilakuka pada bulan Oktober mendatang.
Dia juga memaparkan, dalam PKH sejak tahun 2016 ada tiga komponen. Yang pertama komponen kesehatan meliputi, ibu hamil dan anak usia dini. Yang kedua merupakan komponen pendidikan dari SD hingga SMA.

Untuk yang ketiga ada komponen kesejehteraan sosial (Kesos) lanjut usia dan disablitas berat.
Ditambahkan olehnya untuk KPM PKH supaya bisa memproleh kategori Bumil harus menunjukakn surat keterangan yang ditentukan atau dikeluarkan oleh dokter kandungan. Sehingga secara administratif nantinya bisa diproses oleh pendamping PKH di wilayah Pamekasan.

“Kemudian diinputlah oleh pendamping melalui E-PKH setiap saat hal itu bisa diinput,” paparnya.

Mengenai jumlah bantuan kepada KPM PKH Bumil dalam waktu setahun sebesar Rp2,4 juta.

Untuk tahap empat ini ada 638 KPM yang tersebar 13 kecamatan, dengan rincian: Kecamatan Batu Marmar ada 46 KPM PKH, Kecamatan Galis ada 25 KPM PKH, Kecamatan Kadur ada 41 KPM PKH, Kecamatan Larangan ada 22 KPM PKH, Kecamatan Pademawu ada 45 KPM PKH, Kecamatan Pakong ada 27 KPM PKH, Kecamatan Palengaan ada 64 KPM PKH, Kecamatan Pamekasan ada 26 KPM PKH, Kecamatan Pasean ada 11 KPM PKH, Kecamatan Pegantenan ada 63 KPM PKH, Kecamatan Proppo ada 138 KPM PKH, Kecamatan Tlanakan ada 88 KPM PKH, dan Kecamatan waru ada 42 KPM PKH. (rul/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *