Pendaftar Panwascam di Sumenep Terancam Harus Diperpanjang


Pendaftar Panwascam di Sumenep Terancam Harus Diperpanjang
(KM/IMAM MAHDI) DICERMATI: 16 kecamatan berpotensi ada masa perpanjangan karena tidak penuhi kuota 30 persen dari unsur perempuan.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) resmi ditutup pada Selasa, 27 September 2022 pukul 17.00. Namun, karena tidak penuhi kuota 30 persen dari unsur perempuan, pendaftaran berpotensi diperpanjang.

Koordinator Divisi Hukum dan Data Informasi Bawaslu Sumenep Imam Syafii mengatakan, saat ini sedang memeriksa berkas pendaftaran sambil lalu melihat kuota pendaftaran. Pemeriksaan dilakukan hingga Jumat (30/9/2022).

"Langkah pertama melakakun pleno atas hasil pemeriksaan, dari hasil pemeriksaan baru akan mempelajari itu semua, karena bisa jadi tidak penuhi syarat (TMS) karena tidak cukup umur dan lainnya," katanya, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, sangat berpotensi diperpanjang karena masih tidak penuhi kuota 30 persen dari unsur perempuan. Jika pendaftar memenuhi kuota, tetapi tidak memenuhi keterwakilan perempuan 30 persen atau memenuhi kuota tetapi tidak memenuhi dua kali kebutuhan, maka bisa diperpanjang.

Misalnya, dalam kecamatan ada 6 pendaftar, tetapi ada satu berkas yang ternyata tidak lengkap. Selain itu, jika dilihat dari jumlah pendaftar keterwakilan perempuan masih minim," ucap dia.

Dikatakan, hingga akhir pendaftaran, ada sebanyak 399 pendaftar. Rinciannya, laki-laki sebanyak 348 orang, perempuan sebanyak 51 orang. Dari 399 itu, ada yang mendaftar via pos sebanyak 1 orang, via email sebanyak 34 orang dan yang daftar langsung ke Bawaslu Sumenep sebanyak 364 orang.

"Nanti akan diketahui diperpanjang apa tidak. Namun, menurut kami akan berpotensi untuk diperpanjang," tegasnya.

Berdasarkan informasi dari Bawaslu Sumenep, ada 16 kecamatan yang berpotensi ada masa perpanjangan karena tidak penuhi kuota 30 persen dari unsur perempuan. 16 kecamatan itu yakni Batuputih, Dasuk, Arjasa, Ganding, Dungkek, Gayam, Lenteng, Giligenting, Manding, Nonggunong, Pasongsongan, Rubaru, Raas, Pragaan, Talango dan Kecamatan Sapeken. Untuk 11 kecamatan sisanya dianggap aman.

Dia berharap, agar pendaftar selalu mengikuti informasi seputar rekrutmen tahapan berikutnya. Sehingga, tidak ketinggalan informasi dan terus mendukung kesuksesan Pemilu 2024 mendatang.

"Kami terus informasikan update terbaru mengenai recruitmen panwascam," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Sumenep Anwar Noris mengatakan, 399 pendafatar tersebut sudah memenuhi syarat. Langkah selanjutnya, dilakukan penelitian kelengkapan berkas pendaftaran. Menurutnya, perekrutan ini dilaksanakan secara profesional. Artinya, semua pendaftar mendapatkan pelayanan yang sama dan mendapatkan kesempatan yang sama.

"Tahapan penelitian kelengkapan berkas dilaksanakan selama 3 hari, mulai 28 hingga 30 September 2022," jelas Noris.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna