Pendaftaran BPUM Ditutup Mendadak. Hanya 1.730 Pelaku Usaha yang Diajukan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) BERJUALAN: Seorang pedagang pentol saat melayani pembeli di sekitar alun-alun Kota Bangkalan kemarin.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (UM) Bangkalan menutup pelayanan pendaftaran  bantuan produktif usaha mikro (BPUM) untuk para pengusaha kecil dan menengah. Padahal, jumlah pengusaha di Bangkalan 8 ribu lebih.

Kasi Penguatan dan Perlindungan Usaha Mikro Diskop dan UM Bangkalan Titin Ardianingsih membenarkan penutupan penerimaan berkas pendaftaran. ”Tanggal 26 hari Sabtu kantor libur. Kenapa tidak mengajukan pada tanggal 25 kalau mau daftar,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, dinas terkait masih akan melakukan perekapan sebelum batas akhir pengiriman. “Kami memang tutup lebih awal, dengan harapan pengajuan ini sudah rampung,” katanya.

Selanjutnya, sekitar 1.730 pelaku usaha yang diajukan untuk menerima BPUM.  Bagi yang lolos seleksi akan menerima pesan singkat berupa pemberitahuan dari bank penyalur. Juga ada sebagian bank yang menyediakan link khusus untuk melihat pelaku usaha yang lolos.

“Setiap pelaku usaha akan mendapat Rp 1,2 juta, semoga nanti semuanya bisa dapat,” harap Titin.

Di sisi lain, Ketua Komisi B DPRD Bangkalan Rokib mennyampaikan, ke depannya, Dinas Koperasi dan UM Bangkalan mesti memberi peringatan kepada pelaku usaha mengenai batas akhir pengajuan. Termasuk juga penerimaan berkas pengajuan, agar bantuan yang disiapkan pemerintah tepat sasaran.

”Karena ini untuk pengusaha kecil, dinas harus benar-benar bisa membuktikan dan membedakan, jika nanti dimintai pertanggungjawaban,” tambahnya.

Selain itu, menurutnya, dinas terkait hendaknya memberikan peringatan dan sosialisasi lebih inten kepada pengusaha mikro, dan lebih selektif lagi dengan limit waktu yang sangat terbatas. Sehingga tidak terkesan ditutup dadakan.

“Waktu dan batas pengajuan ini harus terbuka, agar semuanya bisa mengetahui informasinya,” pungkasnya. (hel/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *