Pendaftaran Cawabup Belum Dibuka, DPRD Diminta Tidak Menunggu Partai Koalisi

(FOTO: KM/ALI WAFA) LAMBAN: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan belum membuka tahapan pendaftaran  pemilihan wakil bupati Pamekasan.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Hingga saat ini, kursi wakil bupati (wabup) Pamekasan masih kosong. Hal itu karena Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan tidak kunjung membuka tahapan pemilihan calon wakil bupati (cawabup).

Ketua DPRD Pamekasan Fathor Rohman mengatakan, pihaknya masih menunggu bola liar dari partai koalisi gabungan. Sebab menurutnya, partai koalisi disebut belum selesai dengan urusan figur yang akan diajukan kepada bupati Pamekasan. Menurutnya, partai koalisi belum siap mengajukan nama-nama cawabup.

“Karena bola liarnya ini masih ada di partai koalisi, kami menunggu itu,” ucap mantan kepala Desa Poto’an Daya itu.

Bacaan Lainnya

Kendati begitu, Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Pamekasan telah melakukan rapat. Namun politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu tidak menjelaskan mengenai agenda rapat, sebab dalam agenda tersebut ia tidak hadir. Pihaknya meminta agar partai koalisi segera menyelesaikan urusan figur dengan bupati.

Sementara itu, Sekretaris Partai Koalisi Gabungan Heru Budi Prayitno meminta agar DPRD segera memulai tahapan pemilihan cawabup. Menurutnya, DPRD tidak perlu menunggu dari partai koalisi. Sebab nama-nama cawabup yang dikantongi partai koalisi sudah siap diajukan kapan saja. 

Heru juga menuturkan, pemilihan wabup merupakan wewenangnya DPRD. Justru pihaknya yang menunggu pembukaan tahapan pendaftaran pilwabup. Menurutnya, jika DPRD membuka tahapan, pihaknya akan mengajukan empat nama kepada bupati untuk kemudian dipilih dua nama yang akan diajukan oleh bupati kepada DPRD.

“Namanya sudah ada di kantong saya. Ini wewenangnya DPRD. Jika tahapan dibuka, kami akan ajukan,” ucap politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Tinggalkan Balasan