Pendaftaran Panwascam di Sumenep Disambut Antusias


Pendaftaran Panwascam di Sumenep Disambut Antusias
(KM/IMAM MAHDI) RESMI DIBUKA: Pendaftaran Panwascam untuk pemilu 2024 mulai dibuka sejak Rabu (21/9/2022).

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Pendaftaran rekrutmen panitia pengawas pemilu (panwaslu) serentak tahun 2024 tingkat kecamatan dibuka mulai hari ini Rabu (21/9/ 2022). Hingga berita ini ditulis, ada 30 pendaftar yang diterima karena berkasnya sudah lengkap.      

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumenep Anwar Noris mengatakan, untuk syarat dan kelengkapan berkas, tidak terlalu banyak berubah dari sebelumnya. Hanya saja, jika pemilu sebelumnya yang mendaftar hanya di kecamatan dia tinggal. Sementara ini, untuk saat ini boleh mendaftar di kecamatan mana pun. "Sementara ada 15 pendaftar yang diterima oleh kami," katanya, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, seleksi panwascam kali ini mendapatkan perhatian dan antusias dari masyarakat. Sehingga proses seleksi ini akan lebih selektif dan pada akhirnya dapat mengawal pesta demokrasi lebih baik lagi di kecamatan masing-masing.

 "Pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota panwascam itu berlangsung selama 7 hari, yakni ditutup pada Selasa, 27 September mendatang," bebernya.

Dijelaskan, untuk setiap kecamatan dibutuhkan 3 orang. Sehingga, nantinya ada 81 orang anggota Panwascam Sumenep untuk mensukseskan 2024 nantinya. "Saat ini pendaftaran masih dibuka, ayo daftar," ujarnya.

Dikatakan, pendaftaran dapat dilakukan melalui online, melalui POS atau datang langsumg ke Bawaslu Sumenep Mengenai persyaratan lebih detail bisa melihat pengumuman di kantor Bawaslu Sumenep. Atau bisa juga membuka website yang disiapkan Bawaslu. 

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Sumenep Imam Syafi mengatakan, rekrutmen panwascam secara teknis sama dengan pelaksanaan pemilu sebelumnya. Hanya saja dengan mekanisme pelaksanaan. Saat ini sudah ada petugas khusus dari seluruh 27 kecamatan di Sumenep dibagi 5 meja.

 "Dari masing-masing meja ada ada 5-6 kecamatan yang ditangani dan kami sudah siapkan secara teknis," pungkasnya.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky