Pendamping Desa Karduluk Gencar Tingkatkan Partisipasi Warga

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) PENDAMPINGAN: Pendamping desa (PD) sedang diskusi dengan beberapa warga untuk kemajuan dan pembangunan Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Pendamping desa (PD) dan pendamping lokal desa (PLD) di Desa Karduluk Kecamatan Pragaan gencar dalam memberikan pendampingan dan pengayoman terhadap keberlangsungan pemerintahan di tingkat desa.

Salah satu anggota PD Moh Dahlan menjelaskan, kinerja PD bukanlah mendampingi pelaksanaan proyek yang masuk desa, bukan juga mendampingi dan mengawasi pengelolaan penggunaan dana desa, tetapi melakukan pendampingan secara penuh terhadap desa. Yaitu mendampingi desa dalam penyelenggaraan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami dengan usaha keras dalam praktik di lapangan, sesuai dengan fungsi kami yang tertuang dalam Peraturan Kemendesa PDTT Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pendamping Desa,” katanya.

Menurut Dahlan, salah satu tujuan pendamping desa adalah meningkatkan kapasitas, efektivitas, dan akuntabilitas pemerintah desa dan pembangunan desa. Selanjutnya meningkatkan prakarsa, kesadaran, dan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan desa.

Selain itu, keberadaan pendamping desa menurutnya, yaitu meningkatkan sinergi program pembangunan desa antarsektor dan mengoptimalkan aset lokal desa secara maksimal. Sehingga pendapatan asli desa (PADes) terdongkrak, dan masyarakat bisa merasakan manfaatnya.

“Secara utuh, tujuan pendamping desa untuk memberdayakan masyarakat desa. Maka kami berpartisipasi dalam kegiatan desa,” imbuhnya.

Sehingga dengan terlibat langsung dengan aktivitas desa, tugas-tugas pendampingan dapat tersalurkan,  di antaranya penyadaran, pengorganisasian, advokasi, dan fasilitasi.

“Karena kita sadar dan paham bahwa, pendampingan merupakan bagian tidak terpisahkan dari proses pemberdayaan masyarakat. Jadi, prinsip utamanya membangun kepercayaan yang bersumber dari komitmen moral,” pungkasnya. (ara/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *