Pendapatan Terus Masuk, Tiga Kapal Pemkab Sumenep Nihil Dana Perawatan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN) HATI-HATI: Keberadaan kapal milik PT Sumekar Line tetap beroperasi higga tahun ini kendati tidak ada dana perawatan.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-PT Sumekar (Line) memiliki tiga armada kapal, namun yang aktif beroperasi melayani kebutuhan transportasi laut hingga saat ini hanya dua armada. Armada itu antara lain Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Bahari Sumekar (DBS) I dan III. Sementara KMP DBS II sudah tidak difungsikan kurang lebih 10 tahun yang lalu.

Jika melihat biaya pengadaan KMP DBS III, dana yang dihabiskan sekitar Rp39 miliar. Biaya pembuatan kapal dan berbagai sarananya itu diambil dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep tahun anggaran 2018 lalu.

Sebagai salah satu badan usaha milik daerah (BUMD) Sumenep, PT Sumekar (Line) selain diharapkan menjamin kenyamanan dan keselamatan masyarakat, juga diharapkan berkontribusi terhadap daerah. Terbukti karena sejak tahun 2019, sudah mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp2 miliar.

Direktur Utama PT Sumekar (Line) Syaiful Bahri mengatakan, untuk tahun ini tidak ada anggaran untuk perawatan terhadap kapal pelat merah itu.

“Perawatan tidak ada, kalau operasi tetap jalan, bicara perawatan kita melihat kebutuhannya, sementara tahun ini tidak ada,” kata Syaiful.

Sebagai BUMD, dia berharap bisa lebih maksimal dalam berkontribusi pada pendapatan daerah. Meski pada tahun ini tidak ada target sumbangan PAD yang dipatok, tetapi ada rekapitulasi setiap akhir tahun.

Dia melanjutkan, tahun 2021 ini, ditargetkan naik 10 persen, pada tahun 2020 sudah terkumpul Rp175 juta. Saat ini Syaiful belum bisa menyebut perolehan PAD dengan dalih belum direkap.

”PAD juga tidak ada target, kami tidak punya target. Yang terpenting dalam jangka satu tahun. Kalau saat ini belum direkap nanti akhir tahun,” ujarnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *