Penderita HIV AIDS di Pamekasan hanya Bisa Dilayani di RSUD Smart dan Puskesmas Kowel

  • Whatsapp
KM/KHOYRUL UMAM SYARIF- LAYANAN KESEHATAN: Penderita HIV AIDS di Pamekasan baru bisa dilayani di Puskesmas Kowel dan RSUD Smart.

Kabid P2P Dinkes: Diharapkan Semua Memberikan Pengobatan

Kabarmadura.id-PAMEKASAN-Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan mencatat, layanan kesehatan (yankes) yang bisa menangani penderita penyakit human immunodeficiency virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) hanya ada dua.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pamekasan Nanang Suyanto mengungkapkan, dari 21 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Pamekasan, hanya satu yang menyediakan pelayanan bagi penderita HIV AIDS, yaitu Puskesmas Kowel. Sedangkan rumah sakit yang bisa melayani penderita HIV AIDS yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Slamet Martodirdjo (RSUD Smart).

“Kalau faskes yang melayani untuk pemeriksaan HIV AIDS semuanya melayani, terus yang melakukan pengobatan, cuma 2 di Pamekasan, RSUD Smart dan Puskesmas Kowel, karena keduanya yang ditunjuk dari Kemenkes melalui Dinkes Jawa Timur,” paparnya, Minggu (12/9/2021).

Ia menambahkan, Dinkes Jatim sudah berupaya memberikan pelayanan. Karena menurutnya, tahun ini ditargetkan semua faskes memberikan pelayanan berupa pengobatan kepada penderita HIV AIDS.

“Diusahakan, semua layanan kesehatan tidak hanya melakukan pemeriksaan saja, diharapkan juga bisa melakukan pengobatan,” tuturnya.

Selanjutnya, untuk penderita HIV AIDS di Pamekasan ada 351 orang; 289 orang masih hidup dan 62 orang telah meninggal dunia. Sementara itu, anggaran penanganannya sebanyak Rp6 juta yang dikhususkan untuk agenda rapat, dan untuk dana alokasi khusus (DAK) sebanyak Rp264 juta berbentuk barang.

“HIV AIDS Pamekasan ini, memang kasus berat, tapi informasinya tidak booming, dianggap kasus biasa, padahal kasus itu sangat mematikan,” pungkasnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *