Penderita HIV Bertambah 20 Orang per Juli 2021

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PENYAKIT: Tambahan penderita HIV AIDS mencapai 20 orang per Juli 2021.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan melaporkan, jumlah penderita penyakit human immunodeficiency virus (HIV) acquired immune deficiency syndrome (AIDS) mulai tahun 2012 hingga 2021 sebanyak 351 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pamekasan Nanang Suyanto mengutarakan, bahwa setelah dilakukan analisa di lapangan, penyebab utamanya adalah hubungan sex.

“Memang selama ini yang sudah kami upayakan dengan sosialisasi, pemeriksaan tes HIV secara berkala, terutama pada ibu hamil dan remaja, serta anak sekolah,” paparnya, Minggu (5/9/2021). 

Secara terperinci, jumlah penderita HIV AIDS di Pamekasan yaitu sebanyak 351 orang, 289 masih hidup, 62 sudah meninggal. Pada tahun 2020, ada tambahan 38 penderita, 37 di antaranya orang dewasa, 1 anak kecil, dan 3 orang dewasa telah meninggal. Sementara pada tahun 2021 per Juli, ada tambahan 20 orang dewasa, 4 orang meninggal.

“Kalau yang kasus anak ini, tertularnya dari ibu. Jadi bukan dari anaknya langsung, entah itu ibunya ataupun bapaknya. Tapi kebanyakan ibunya dapatnya dari suami yang kena. Makanya, kami wajibkan kepada ibu hamil, sebelum melahirkan, dilakukan tes, biar ketahuan. Jadi memastikan anaknya biar tidak tertular ketika lahir,” ujarnya. (rul/maf) 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *