Pendidikan Kian Inovatif dengan SI Mantap

  • Whatsapp
KM: MISBAHUL MUNIR-MENGGUGAH: Kantor SI Mantap terlihat elegan di sebelah Kantor Disdik Sumenep.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep tiada henti berinovasi demi kemajuan pendidikan di Sumenep. Salah satunya dibuktikan dengan peluncuran program terobosan baru, yakni berupa Sistem Informasi Layanan Pendikan Terpadu (SI Mantap).

SI Mantap sendiri bahkan sudah beroparasi sejak beberapa waktu lalu. Lokasi SI Mantap itu berdiri kokoh satu halaman sebelah timur kantor Disdik Sumenep yang beralamat di Jalan dr Cipto nomor 35 Sumenep.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdik Sumenep Muhammad Saidi menjelaskan, program di bawah kepemimpinan Busyro-Fauzi itu adalah untuk mendukung visi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep semakin sejahtera dengan pemerintahan madiri, agamis, nasionalis, transparan, adil dan profesional.

Selain itu, guna menopang misi pemerintah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan, kesehatan dan Pengentasan kemisikinan diperlukan adanya SI Mantap di Disdik Sumenep.

“Ya, tentu tidak bisa dipungkiri bahwa ini dalam rangka mendukung visi-misi Pemerintah Kabupaten Sumenep, bisa kita baca sendiri seperti apa visi misi itu sekarang,” ujarnya, Senin (11/3).

Dibuatnnya SI Mantap juga agar sistem informasi pendidikan dapat diakses oleh masyarakat secara umum. Varian SI Mantap ini meliputi Sistem Infomasi Pendaftaran Sekolah (SI Sekolah), Sistem Informasi Mutasi Sekolah (SI Siswa), ada juga Sistem Informasi Legalisasi Siswa (SI LISIA).

Tidak hanya itu, dalam layanan informasi tersebut ia juga menambahkan, Si Mantap juga memuat data pokok pendidikan (dapodik), surat pemberitahuan tahunan (SPT), surat kinerja pegawai (SKP), pusat informasi pendidikan (PIP) dan menajemen data kepegawaian (Edeka).

“Di PIP sendiri di dalamnya memuat tentang izin atau tugas belajar, surat tugas, surat rekomendasi dan cuti. Sementara untuk Edeka di dalamnya ada info kenaikan gaji berkala dan kenaikan pangkat,” jelasnya.

Dengan adanya SI Mantap pihaknya berhadap dapat dimanfatkan oleh masyarakat dan dapat dipergunakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Tentu hal ini, dimaksudkan agar kenyamanan dan akses pendidikan di Kabupaten Sumenep semakin mantap dengan adanya SI Mantap,” pungkasnya. (mun/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *