Pendirian TPA Terhambat Penentuan Lokasi

  • Whatsapp
PENCEMARAN: Gambaran menumpuknya sampah rumah tangga yang terseret ke laut di sepanjang pantai di Kecamatan Kwanyar.

Kabarmadura.id-Pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Bangkalan terhambat lokasi. Meski pemerintah sudah melakukan studi penentuan lokasi, namun masih belum final. Pemerintah mengincar lokasi pembangunan TPA di wilayah Kecamatan Tragah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan Ishak Sudibyo mengatakan, penentuan lokasi pembangunan TPA di wilayah Kecamatan Tragah, hanya bagian dari studi perencanaan. Hasilnya masih belum final. Bisa jadi ada lokasi lain yang lebih baik.

“Kalau final pemerintah tinggal memutuskan. Tapi di wilayah Tragah, bagi kami sangat representatif,” kata Ishak kemarin (16/1).

Menurut Ishak, apabila pembangunan TPA final ditempatkan di wilayah Tragah, jarak dari akses kota terjangkau. Artinya tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Kisaran 7 sampai 8 kilometer.

Tahun kemarin, pemerintah sudah menggelontorkan Rp600 juta untuk pembebasan lahan TPA. Namun sayang meski sudah disediakan anggaran, selama lokasi tersebut belum final, anggaran tersebut tidak terpakai.

“Kita coba anggarkan terus setiap tahun, hingga pemerintah menemukan lokasi yang pas untuk pembangunan TPA,” ujarnya menjelaskan.

Pada prinsipnya, gagalnya meraih penghargaan Adipura menjadi pelajaran telak pemerintah daerah. Sebab selama Kabupaten Bangkalan tidak memiliki TPA, penghargaan kebersihan akan urung didapat. Sehingga prestasi pembangunan dari beragam jenis kategori sulit diraih.

Bahkan, menurut Ketua Komisi C DPRD Bangkalan Suyitno, selama pemerintah tak memiliki TPA, penghargaan Adipura tidak mungkin bisa diraih. Solusinya, DLH harus sedini mungkin mengambil langkah taktis dengan mempercepat pendirian TPA.

“DLH harus sigap. Jangan biarkan kegagalan meraih penghargaan Adipura hanya karena tak memiliki TPA. Jika begini setiap tahun, Bangkalan akan semakin tertinggal. Tolong ini diperhatikan,” desak politisi PDIP itu. (rus/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *