Pendistribusian Ratusan Bantuan Alsintan di Bankalan Tersendat Pengurusan Administrasi Poktan 

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) SEPI: Salah satu petugas saat berada di dekat salah satu Alat Mesin Pertanian, Bangkalan, kemarin.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Realisasi bantuan alat mesin pertanian (alsintan) belum bisa dilaksanakan. Sebab, kelompok petani (poktan) sebagai penerima belum menyelesaikan pengurusan administrasi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DPTPHP) Bangkalan Puguh Santoso, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya, terdapat 127 bantuan yang akan diberikan terhadap poktan. Rinciannya, 6 traktor roda empat, 49 traktor roda dua, 19 unit cultivator, 50 unit pompa air dan 3 unit mesin panen padi. “Bantuan ini dari pokir dewan, bukan dari anggaran perencanaan belanja daerah (APBD),” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dia mengaku, sebelumnya juga sudah melakukan pengajuan mengenai pengadaan alsintan di daerah. Namun, akibat keterbatasan anggaran, selama dua pengajuan tahun ditolak. Melalui bantuan tersebut, setidaknya bisa bermanfaat terhadap petani yang membutuhkannya.

“Kami sudah kami ajukan melalui APBD dan kementerian, tapi hasilnya nihil. Jadi, meski saat ini bantuannya berasal dari dewan, minimal fungsinya sama, demi mensejahterakan masyarakat petani,” tuturnya.

Meski demikian, pihaknya menyayangkan keberadaan poktan yang belum mengurus administrasi. Sebab, poktan dilarang membawa bantuan meski sebagai penerima sebelum melengkapi administrasi. Sehingga, ratusan bantuan untuk petani belum bisa tersalurkan. “Kalau administrasinya belum lengkap, belum bisa kami berikan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Bangkalan Moh Rokib meminta, agar dinas terus mendorong setiap poktan untuk melakukan pengurusan administrasi. Sehingga, adanya bantuan tersebut bisa segera tersalurkan. “Kalau memang masih tersendat karena administrasi, tolong nanti juga diarahkan. Agar, alat itu bisa dimanfaatkan. Lebih cepat lebih baik,” responnya. (hel/ito)

Jenis Bantuan untuk Poktan

  • 6 traktor roda empat
  • 49 traktor roda dua
  • 19 unit cultivator
  • 50 unit pompa air
  • 3 unit mesin panen padi.
  • Total 127 bantuan alsintan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *