oleh

Penerapan PTM SMA di Bangkalan Butuh Evaluasi

KABARMADURA.ID, Bangkalan – Pembelajaran tatap muka (PTM) untuk sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) telah dimulai sejak hari ini, Senin (16/11/2020). PTM tersebut diperluas di seluruh sekolah negeri di 18 kecamatan yang ada di Bangkalan. Namun, untuk jenjang pendidikan dari anak usia dini hingga sekolah menengah pertama (SMP) belum dilakukan.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Jufri mengatakan, untuk jenjang pendidikan untuk usia dini masih dilaksanakan 23 November mendatang. Katanya, hanya akan ada 8 kecamatan yang diperbolehkan melakukan PTM. Dimana hanya sekolah negeri saja yang bisa memberlakukan pembelajaran secara tatap muka.

“Sekolahnya diambilkan dari 8 kecamatan yang sudah zona kuning, dari negeri, swasta masih belum,” katanya.

PTM itu, Jufri menyebutkan, akan dilaksanakan selama 2 minggu kedepan. Setelah itu akan ada evaluasi, jika ditemukan kluster baru. Pihaknya akan menghentikan kegiatan, jika tidak ditemukan keluhan atau masalah akan berlanjut. Selain itu, PTM bakal dilakukan hanya satu setengah jam saja.

“Siswa juga dilarang makan di sekolah dan diimbau agar diantarkan oleh orang tua agar tidak main selepas pulang sekolah,” terangnya.

Sebelum dilaksanakan PTM, pihaknya juga akan mewajibkan guru menyetorkan surat sehat hasil pemeriksaan rapid tes. Selain itu, siswa yang diperbolehkan masuk hanya sebesar 50 persen. Sisanya tetap melakukan daring.

“Jadi nanti siswa seminggu hanya masuk tiga hari, tiga hari berikutnya siswa yang sebelumnya daring. Karena ini masih masa transisi, kalau sudah memasuki masa normal baru 100 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) SMA dan Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur Cabang Bangkalan, Moh. Fauzi mengatakan, kegiatan PTM serentak berjalan lancar. Bahkan semua sekolah SMA/SMK negeri bisa melakukan PTM.  Jika ada hal nantinya ada kendala pihaknya akan melakukan evaluasi.

“Semua sekolah negeri untuk SMA/SMK serentak PTM hari ini,” tandasnya. (ina)

Komentar

News Feed