Penerbitan Paspor Meningkat Akibat Kuota Haji di Pamekasan Naik 

News48 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Sedikitnya puluhan ribu paspor sudah direalisasikan terhadap pemohon. Sesuai data sejak Januari hingga Oktober tahun ini sudah ada 48.480 paspor yang diberikan terhadap pemohon. Hal tersebut diungkapkan Humas Kantor Imigrasi Pamekasan Rangga, Selasa (20/11/2023). 

Menurutnya, puluhan ribu paspor merupakan pengajuan dari warga di empat kabupaten. Masing-masing, Pamekasan, Sumenep, Sampang dan Bangkalan. Secara umum, data dalam setahun belum bisa ditentukan. Sehingga hanya bisa terhitung dari Januari hingga bulan Oktober. 

“Untuk pendataan ini kami tidak memetakan. Jadi data ini berdasarkan keseluruhan warga Madura atau dari empat kabupaten yang mengajukan permohonan paspor,” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Pihaknya menuturkan, secara umum sistem kerja di imigrasi tidak hanya mengacu pada satu kabupaten. Melainkan, seluruh kabupaten yang ada di Madura. Sehingga, pemetaan data membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan data yang ada merupakan kesatuan file atau seluruh warga di Madura. 

Baca Juga:  Program BSPS Sumenep 2023 Tambah 2.000 Rumah Sasaran

“Pembuatan paspor tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, karena tahun ini tidak ada musibah seperti tahun sebelumnya yakni Covd-19,” tuturnya.

Ditegaskan, peningkatan pemohon tidak begitu signifikan. Tahun sebelumnya data pemohon selama setahun tembus di angka 48.245 warga. Banyaknya pemohon paspor juga dikarenakan kuota haji yang semakin meningkat. Yakni lebih banyak dibanding tahun 2022 kemarin. 

“Jadi kami tidak lagi mengklasifikasi seperti tahun 2022 kemarin dalam pengajuan paspor,” tegasnya.  

Pewarta: Moh. Farid

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *