oleh

Penerima Bantuan Peserta Prakerja Terbatas

Kabarmadura.id/Bangkalan– Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pekerja yang gajinya di bawah Rp5 juta masih dalam proses pendataan. Bantuan uang tunai sebesar Rp600 ribu dalam sebulan itu baru akan direalisasikan pada Bulan September mendatang.

Humas BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Bangkalan Muhammad rizal menuturkan, karyawan yang akan menerima bantuan salah satu persyaratannya adalah karyawan yang sudah aktif sebagai peserta badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

“Penerima bantuan tersebut terdiri dari peserta BPJS yang aktif sejak  bulan Juni kemarin,” jelasnya Selasa (11/8/2020)

Pihaknya menuturkan bagi peserta yang mengurus setelah bulan Juni maka tidak akan mendapatkan bantuan.” Ini hanya berlaku kepada karyawan yang sudah mengurus sejak bulan Juni kemarin jika sudah lewat dari itu maka tidak dapat menerima bantuan tersebut,” paparnya

Ditambahkan  Rizal, calon penerima bantuan merupakan pegawai yang sudah masuk ke BPJS dalam kategori program penerima upah,  sehingga selain program penerima upah maka pada gelombang ini tidak bisa mendapatkan bantuan.” Sementara ini yang akan menerima bantuan hanya kepada karyawan yang Penerima upah akan tetapi yang di luar itu saat ini tidak bisa,” paparnya

Rizal menambahkan, sampai saat ini kurang lebih sudah mencapai 10 ribu pegawai yang sudah mengikuti BPJS Ketenagakerjaan. Akan tetapi syarat untuk mendapatkan bantuan dengan catatan harus mendaftarkan diri melalui kantornya masing masing, sehingga pihak perusahaan yang akan mengirim berkasnya.

Pihaknya menyatakan jika ketentuan penerima bantuan akan ditentukan oleh pusat sehingga  BPJS  hanya pengajuan saja.

” Program ini kami disini hanya mengajukan berkas yang ada, akan tetapi terkait penentuan siapa yang akan menerima dan siapa yang tidak menerima bantuan tersebut pemerintah pusat yang menentukan,” jelasnya

Terpisah salah satu guru sukwan Feny Fatmawati menuturkan bahwa dirinya sudah punya kartu BPJS Ketenagakerjaan. Akan tetapi kartu yang dimiliki sudah lama tidak bayar.

” Saya sudah punya kartu tetapi sudah lama tidak bayar, mau bayar bagaimana saat ini kondisi ekonomi sulit, ” jelasnya

Pihanya menuturkan jika keberadaan bantuan itu sangat  penunjang bagi karyawan yang gajinya di bawah Rp5 juta. Kendati harapan mendapat bantuan itu sangatlah kecil namun bantuan yang diberikan oleh pemerintah ia berharap bisa tepat sasaran.(sae/mam)

 

Komentar

News Feed