Penerima Beasiswa Kuliah dari Pemkab Pamekasan Diwajibkan Mengabdi 11 Tahun Setelah Lulus

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) TINGKATKAN SDM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan hanya menanggung biaya kuliah para penerima beasiswa.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mewajibkan kepada penerima beasiswa kedokteran untuk melakukan pengabdian selama 11 tahun setelah lulus dan dinyatakan sebagai dokter. Hal tersebut sudah tercantum dalam memorandum of understanding (MOU) sebagai persyaratan penerima beasiswa.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan Akhmad Zaini mengatakan, secara garis besar pemkab menginginkan 4 Mahasiswa kedokteran yang sudah mulai menempuh beasiswa di Universitas Airlangga (Unair) mengabdi kepada masyarakat ketika lulus.

Bacaan Lainnya

“Semuanya sudah teken MOU, pasca lulus harus mengabdi selama 11 tahun, perkuliahannya bisa ditempuh 5 tahun, bisa 7 tahun kalau tidak selesai,” ujarnya, Selasa (7/9/2021).

Ia menjelaskan, keempat Mahasiswa penerima beasiswa sedang menjalani masa orientasi pengenalan Mahasiswa baru secara daring. Sedangkan, pembiayaan pemberian beasiswa bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021 senilai Rp1,2 miliar.

Dana tersebut, hanya mencakup biaya kuliah termasuk biaya praktik. Selanjutnya, anggaran yang dikeluarkan pemkab untuk program beasiswa bisa bertambah sesuai dengan jumlah Mahasiswa yang akan kuliah. “Untuk biaya hidupnya tidak ditanggung, biaya kuliahnya saja, untuk tahun ini menganggarkan Rp1,2 miliar,” jelasnya. (rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *