Penerima BPUM 2021 Masih Diverifikasi Kemenkop UKM

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) BANTUAN: Diskop UKM belum bisa pastikan pencairan BPUM tahap II.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Pamekasan mencatat 14.000 orang sudah menerima bantuan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp1,2 juta pada tahap I. Sementara itu, 6.109 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diverifikasi untuk memperoleh BPUM dari pemerintah pusat.

Pelaksana Tugas (Plt) Diskop UKM Pamekasan Abdul Fata mengungkapkan, 14 penerima BPUM tersebut diketahui berdasar informasi dari pemerintah pusat, dan pencairannya sudah masuk rekening masing-masing menerima.

Bacaan Lainnya

“Ada yang sudah cair 14 ribuan yang tahap pertama,” paparnya, Kamis (2/6/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa  pada tahun 2021 berbeda dengan tahun 2020 yang pengusulannya harus mendapatkan rekomendasi Diskop UKM, sehingga usulan pada tahun 2021 sebanyak 6.109 pelaku UKM. Progresnya masih diverifikasi oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), untuk memastikan kelayakan penerima BPUM.

“Yang menentukan dari Kemenkop RI, sambil lalu menunggu,” ulasnya.

Ia juga mengungkap, tujuan verifikasi kementerian tersebut agar tidak ada duplikasi data penerima, sehingga untuk data penerimanya bener-benar akurat, tidak sedang mendapatkan pinjaman dari Bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

“Kami harap para calon penerima bersabar atas bantuan dari pemerintah,” ujarnya.

Ditegaskannya, untuk BPUM tahun 2021 nominal bantuannya berkurang dibandingkan tahun 2020. Pada tahun 2020 bantuan Rp 2,4 juta, sementara pada tahun 2021 menjadi Rp1,2 juta. (rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *