oleh

Penerima PIP Sumenep Hanya 17.544 Siswa

KABARMADURA.ID, Sumenep -Program Indonesia pintar (PIP) masih berkisar sekitar 40 persen dari jumlah keseluruhan siswa di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep. Bantuan yang diinisiasi langsung Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo bertujuan untuk meratakan pendidikan dan sumber daya manusia (SDM).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdik Sumenep Abd Kadir mengatakan, seluruh siswa sekolah dasar (SD) belum terdata secara  keseluruhan. Hal itu berdasarkan verifikasi. “Karena bantuan itu tidak serta merta diberikan ke seluruh siswa, itu program pusat, kami disuruh mengajukan, dan ditugaskan untuk menyeleksi, diberikan kepada siswa kurang mampu,” katanya, Rabu (22/10/2020).

Selain itu, program tersebut juga bertujuan agar pendidikan  yang selama ini merupakan tolak ukur kesejahteraan masyarakat, melalui PIP diharapkan mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa. Namun, dari total siswa yang terdata di dapodik hanya hanya separuh siswa yang mendapatkan program dari pemerintah pusat tersebut.

Secara detail, Kadir melanjutkan, dari total jumlah siswa SD  yang berada di kabupaten paling timur Pulau Madura ini sebanyak 56.551 siswa. Sedangkan siswa penerima PIP tahun 2020 sebanyak 17.544 siswa. “Itu data yang sudah kami verifikasi, memang yang layak sesuai kategori. Kami tidak mempunyai kewenangan untuk menentukan, semuanya kebijakan pusat. Untuk kelas 1 dan 6 semester gasal  Rp225.000. Dan untuk kelas 2 sampai 5 sebesar Rp450.000,” tegasnya.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPRD Sumenep Samiuddin mengatakan, seluruh program termasuk bantuan untuk dipantau secara maksimal. “Turun ke sekolah-sekolah, jangan sampai menunggu laporan dari masyarakat kalau ada penerima PIP tidak sesuai, jemput bola istilahnya,” paparnya. (ara/ito)

Total Jumlah siswa SD  Kab. Sumenep = 56.551 siswa

Yang dapat PIP tahun 2020 sebanyak 17544 siswa.

Tidak dapat 39.007

Komentar

News Feed