Penerima Program PIP di Pamekasan Tembus 21.205 Siswa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) RINGANKAN; Kasi Kesiswaan Disdik Pamekasan Muzakki Riyanto memperlihatkan sejumlah data penerima PIP khusus SD di Pamekasan.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, mencatat ada sebanyak 21.205 siswag yang menjadi penerima program Indonesia pintar (PIP). Jumlah itu berdasar pada data keluarga miskin yang sudah tercover di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar Disdik Pamekasan Fatimatuzzahra melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesiswaan Muzakki Riyanto, PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan dan miskin/prioritas untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal dan non formal.

Bacaan Lainnya

Dirinya mengungkapkan, data penerima program itu diajukan oleh desa ke Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan, untuk kemudian dimasukan ke DTKS. Setelah itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil data penerima dari DTKS.

“Baru kemudian diterbitkan kartu PIP setelah diterbitkan surat keputusan penerimanya,” ungkapnya, Senin (10/8/2020).

Sementara itu, untuk tahun 2020, pihaknya tidak bisa mengajukan data calon penerima PIP secara mandiri ke Kemendikbud. Sebab, terdapat kebijakan yang membagi tahapan menjadi 2 kali. Sehingga, penentuan penerima sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Dia menjelaskan, sejauh ini memang masyarakat yang mendatangi Disdik Pamekasan untuk mempersoalkan penentuan penerima program itu. Namun pihaknya tidak bisa berbuat banyak lantaran hal itu sudah sesuai prosedur yang ada.

“Jadi kami disini tidak punya kewenanangan untuk mengusulkan, hanya menerima data saja, sesuai dengan SK itu,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Khairul Umam mengatakan, program di bidang pendidikan, utamanya program pemerintah pusat bisa dengan cepat disinergikan dengan baik dengan program Pemkab Pamekasan, sehingga untuk pelaksanannya diharapkan mampu menekan angka putus sekolah.

“Ini harus menjadi stimulus baru bagi perkembangan pendidikan kita,” pungkasnya. (rul/pin)

Rekapitulasi Penerima PIP SD Disdik Pamekasan
Jumlah Siswa tahun 2019 : 52.758
Jumlah Dana : Rp20.795.400.000
Jumlah Siswa tahun 2020 : 21.205
Jumlah Dana: Rp7.960.275.000

Sumber: Disdik Pamekasan

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *