oleh

Pengabdian Abd Karim sebagai Ketua FKMSB Pamekasan

Penuh Tanggung Jawab, Janji Besarkan Organisasi

Kabarmadura.id -Jangan pernah berharap banyak kepada organisasi, tetapi berilah sumbangsih ide, gagasan, dan material kepada organisasi. Sebab organisasi merupakan tempat menempa diri dalam mewujudkan pemahaman diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Hal itu yang menjadi salah satu prinsip pengabdian abd Karim Ketua Forum komunikasi Mahasiswa Santri Banyuanyar (FKMSB) Pamekasan.

KHOYRUL UMAM SYARIF, Pamekasan

Perjalanan panjang nan terjal tidak pernah menyusutkan niat baik, Abd Karim untuk mengabdikan diri kepada organisasi kemahasiswaan yang merupakan akar rumput dari pondok pesantren (Ponpes) Darul Ulum Banyuanyar.

Pria yang lahir di Pamekasan pada tanggal 02 Juni 1997 itu dipercaya untuk menjadi orang yang punya tanggung jawab membesarkan organisasinya. Bahkan bertekad untuk selalu disiplin dan berisiqomah dalam menjalankan amanahnya.

Targetnya sebagai ketua FKMSB Pamekasan, untuk mengenalkan organisasi kepada semua elemen masyarakat dan pemerintah dengan segudang keilmuan dan prestasi. Tentunya target yang demikian harus diimbangi dengan support dari semua pihak.

Termasuk para kader FKMSB agar benar-benar bisa memberikan manfaat kepada diri sendiri, dan kepada orang lain sebagai output dari organisasi mahasantri. “Dream without an action is just an illusion, (mimpi tanpa aksi hanya sebuah ilusi belaka)” ungkap, Abd Karim, Senin (4/11).

Pilihan untuk mendharmabaktikan dirinya kepada FKMSB daripada organisasi lain tidak lain, lantaran dirinya dilahirkan dari rahim Ponpes Darul Ulum Banyuanyar dan menempuh pendidikan yang benar-benar dirasakan manfaatnya.

“Makanya bagi saya pantas untuk mengabdikan diri ini dengan memajukan FKMSB sebagai organisasi para alumni Banyuanyar yang menjadi mahasiswa,” paparnya.

Motivatornya dalam melakukan pengabdian di FKMSB adalah Pengasuh PP. Banyuanyar yakni KH. Muhammad Syamsul Arifin yang selalu berpesan kepada kawan-kawan FKMSB untuk selalu menjaga dan merawat FKMSB.

“Janganlah menjauh dari FKMSB,” ucap, Abd Karim meniru pesan yang membuatnya benar-benar semangat untuk mengabdikan diri pada FKMSB.

Tentunya do’a dan dorongan kedua orang tua yang selalu melecutkan setiap pijakan langkah menuju evaluasi diri yang cemerlang pada pribadinya. Adapun tips untuk menjaga organisasinya.

Pertama, pengertian dan pemahaman terhadap sikap-sikap antar anggota agar tidak selalu terjadi pertikaian. Kedua, mengalokasikan waktu untuk berkumpul dengan tujuan mengikat kemistri, membangun kepercayaan, dan saling mengenal masing-masing individu.

Sehingga tercipta ikatan yang erat dalam organisasi. Ketiga, mendidik kader untuk menjadikan kader berkualitas dan membuat program-program jitu demi kemajuan organisasi. Menurutnya organisasi besar bukan hanya diperhitungkan dari segi kuantitas, tapi juga kualiatas.

Untuk memuluskan pengabdiannya di sudah menempuh pendidikan diberbagai jenjang meliputi; SDN Bindang II Pasean, SMP IT Al-Haromain Pasean, MA Darul Ulum Banyuanyar, dan sekarang masih aktif sebagai Mahasiswa semester 7 IAIN Madura.

Bekalnya diorganisasi sudah bisa dikatakan lumayan cukup. Dia aktif di berbagai organisasi. Masing-masing Komunitas Pemuda Pasean (KOMPAS), Forum Komunikasi Mahasiswa Santri Banyuanyar (FKMSB) serta organisasi lainnya.

Ketua KOMPAS 2013-2014, Ketua BETTER IAIN Madura 2017-2018, Ketua HMPS TBI IAIN Madura 2018-2019, Ketua IKMAL (Ikatan Alumni PP. Al-haromain) Pasean Pamekasan, dan KORWIL FKMSB Pamekasan 2019-2020.

Sedangkan prestasi diraih, The best student of Banyuanyar English Branch (BEB), The best of the best student of Branch of Fan of English Course (BFEC), The best of the best student of Banyuanyar English Centre (BEC), Peringkat terbaik ke 4 UNAS MA Darul Ulum Banyuanyar, Juara 1 lomba Smart Contest in IAIN Madura, dan juara 2 publik speaking.

“Mudah-mudahan segala bentuk usaha bisa menajdi bekal terbaik dalam menggapai seluruh keinginan dimasa depan,” harapnya. (*/ito)

 

Nama                           : Abdul Karim

Tetala                          : Pamekasan 02 Juni 1997

Alamat                        : Pasean

Hobi                            : Membaca

Cita-cita                      : Dosen Profesional

 

Komentar

News Feed