oleh

Pengabdian Babinkamtibmas Kelurahan Bugih Bripka Nurrahman Fadli Arisandi

Asah Kedewasaan dengan Memediasi Konflik Warga

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Nurrahman Fadli Arisandi sudah biasa dihadapkan pada pemecahan masalah. Sandi dikenal menjadi pengayom saat terjadi konflik sosial antar-warga. Itu menjadi tantangan sendiri baginya dalam mengasah kedewasaan diri.

ALI WAFA, PAMEKASAN

Mengabdi sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkantibmas) yang bertugas di Kelurahan Bugih Pamekasan, sudah dijalani Sandi selama kurang lebih tiga tahun.

Sebagai aparatur keamanan, dirinya mengemban amanah yang cukup berat. Karena bertanggung jawab atas kondusivitas Kelurahan Bugih, Kecamatan/Kabupaten Pamekasan, dirinya harus ikut andil dalam setiap upaya penyelesaian masalah antar-warga.

Berbeda dengan di pedesaan yang setiap masalah bisa dengan mudah diselesaikan secara kekluargaan, menjadi Babinkantibmas di wilayah perkotaan membuatnya harus turun tangan menyelesaikannya sebelum yang bersangkutan naik ke ranah hukum.

Tidak jarang berbagai permasalahan yang amat kompleks harus dia selesaikan, mulai dari persoalan keluarga, sengketa warisan hingga masalah yang menyangkut para pemuda di Kelurahan Bugih.

Namun demikian, dirinya mengaku bisa belajar dewasa dari setiap permasalahan yang dia mediasi. Sebab dengan begitu, Sandi mengaku bisa belajar agar dirinya sendiri bisa terhindar dari masalah serupa di masa-masa yang akan datang.

Tidak hanya itu, pria 35 tahun tersebut harus memastikan setiap pelayanan masyarakat berjalan dengan lancar dan optimal. Sebab dirinya menyadari, mayoritas masyarakat Bugih merupakan warga berpendidikan yang mengerti setiap alur pelayanan masyarakat.

“Yang pasti, dari situ saya semakin dewasa. Saya juga bisa mengantisipasi agar saya sendiri tidak mengalami masalah yang sama,” ungkapnya.

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, bapak tiga anak tersebut juga ikut membantu mencarikan donatur secara swadaya dan menyalurkan bantuan sosial kepada setiap masyarakat yang membutuhkan uluran tangan; memiliki perekonomian menengah ke bawah.

Di tengah kesibukannya sebagai Babinkantibmas, Sandi juga disibukkan dengan perannya sebagai Anggota Pengendalian Masyarakat (Dalmas) Kepolisian Resort (Polres) Pamekasan. Di antara tugasnya yaitu mengamankan setiap aksi demonstrasi oleh warga.

“Tapi alhamdulillah saya bisa membagi waktu, baik di kelurahan, maupun untuk keluarga. Namanya juga pengabdian, jadi harus memberikan yang terbaik,” pungkasnya. (nam)

Komentar

News Feed