Pengadaan Blanko KIA di Bangkalan Berkurang

(FOTO: KM/HELMI YAHYA) LEBIH SEDIKIT: Rencana pengadaan blanko Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2022 di Kabupaten Bangkalan berkurang dari tahun sebelumnya.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN Rencana pengadaan blanko Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2022 akan lebih sedikit dari tahun sebelumnya, disebabkan blanko masih banyak yang tersisa. Kemungkinan hanya akan melakukan pengadaan sebanyak 4.000 keping KIA, berbeda jauh dengan tahun 2021 yang mencapai 130 ribu  keping.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Bangkalan Agus Suharyono menyampaikan, sisa blanko KIA dari tahun 2021 masih sekitar 30 ribu keping. Sehingga pihaknya berencana akan memaksimalkan sisa tersebut.

Meskipun demikian, Dispendukcapil dinilai tidak akan kehabisan stok blanko. Mengingat permintaan pencetakan KIA di Bangkalan tidak begitu banyak. Bahkan, apabila masih ada refocusing anggaran, maka bisa jadi tidak akan ada pengadaan.

Bacaan Lainnya

“Kami masih ada stok tahun 2021 kemarin. Apalagi anggaran saat ini masih difokuskan ke pandemi. Bisa saja pengadaan ini gagal,” ujar Agus Suharyono, Rabu (16/2/2022).

Dia mengimbau kepada seluruh orang tua, agar anaknya diajukan untuk dibuatkan KIA. Karena, kartu identitas itu sangat bermanfaat. Di antaranya diperlukan untuk persyaratan masuk ke dunia pendidikan. Persyaratanya juga mudah dan prosesnya cepat.

“Sejak diajukan, selama tiga hari KIA sudah tercetak dan bisa diambil,” imbuhnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Bambang Budi Mustika, penggunaan KIA untuk pendaftaran siswa baru sudah mulai diterapkan di beberapa sekolah. Hal itu bisa memudahkan pendataan identitas siswa.

“Kita sudah coba terapkan di beberapa sekolah, agar proses identifikasi siswa bisa lebih mudah. Sementara memang belum diwajibkan, tapi nanti juga akan digunakan di semua jenjang pendidikan dini,” jelas Bambang Budi Mustika.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.