Pengadaan Mobil di Bangkalan Hanya Cukup untuk Enam Desa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) TERBATAS: Anggaran untuk pengadaan kendaraan roda empat atau mobil jenis pick up hanya mampu untuk enam desa di Bangkalan. 

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bangkalan kembali mendapat anggaran pengadaan kendaraan roda empat dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT). Namun, tidak semua desa memperoleh bantuan kendaraan roda empat tersebut. Sebab, ketersediaannya hanya enam unit.

Sehingga, untuk realisasi kendaraan roda empat jenis pick up hanya di enam desa. Masing-masing, Desa Pandan Lanjang Kecamatan Arosbaya, Lombang Dajah Kecamatan Blega, Pangeran Gedungan Kecamatan Blega. Kemudian, dua desa yakni Sen-Asen dan Sambiyan Kecamatan Konang dan Desa Bumi Anyar Kecamatan Tanjung Bumi. 

“Kami hanya meneruskan program dari Dinas Perhubungan (Dishub). Karena sebelumnya, pengadaan kendaraan ini direalisasikan instansi tersebut. Tapi tahun ini, dilimpahkan ke kami oleh Kementerian dan dari Dishub sudah ada enam desa,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan Ahmad Ahadiyan Hamid, Kamis (26/8/2021). 

Menurutnya, anggaran pengadaan enam mobil tersebut sebesar Rp882 juta dari dana alokasi khusus (DAK) anggaran pendapatan dan belanja negara (APBD) fisik bidang transportasi desa tahun 2021 Kemendesa PDTT. Sedangkan rincian pembelian 1 unit kendaraan dianggarkan Rp147 juta. Tujuannya, untuk menunjang segala aktifitas masyarakat desa. 

“Misalnya untuk pertanian, jadi mobilnya harus dipergunakan membantu hasil pertanian warga. Seperti, mengangkut gabah dari desa ke penggilingan padi. Bidang sosial juga bisa, kami berikan langsung ke BUMDes-nya agar dipergunakan sesuai fungsinya. Melalui pengadaan kendaraan itu, semoga pendapatan asli desa (PADes) juga meningkat nantinya,” tuturnya. 

Terpisah, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron mengaku, sudah mengajukan usulan pengadaan kendaraan lebih dari enam unit. Namun, sementara ini baru baru enam unit yang bisa terealisasi sesuai dengan anggaran yang ada.  Menurutnya, bantuan mobil transportasi desa  bisa digunakan untuk kepentingan desa serta kemaslahatan masyarakat.

“Minimal kegiatan desa atau kegiatan masyarakat bisa terbantu dengan kendaraan itu. Dan kades wajib menggunakan mobil pick upnya untuk kepentingan masyarakat. Mudah-mudahan, dengan penyerahan kendaraan ini ke desa mampu meningkatkan kinerja pemerintahan desa,” pesannya usai memberikan kunci mobil ke masing-masing Kades di Pendopo Agung Bangkalan. (ina/ito) 

Enam Desa Penerima Pengadaan Mobil Pick Up

  • Pandan Lanjang Kecamatan Arosbaya 
  • Lombang Dajah Kecamatan Blega 
  • Pangeran Gedungan Kecamatan Blega 
  • Sen-Asen Kecamatan Konang 
  • Sambiyan Kecamatan Konang 
  • Desa Bumi Anyar Kecamatan Tanjung Bumi

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *