Pengamanan Pilkada Sumenep Libatkan Personel se-Madura

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) DIKERAHKAN: Ratusan personel dikerahkan untuk pengamanan Pilkada Sumenep 2020.

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Antisipasi pada pelaksaan Pilkada Sumenep 2020, persiapan pengamanan sudah mulai dikerahkan, baik dari tim kepolisian dan tenaga yang disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep.

Ketua KPU Sumenep A Warist menyampaikan, untuk petugas keamanan atau linmas memang anggarkan secara khusus, hal itu sebagai bentuk upaya menjaga keamanan terutama pelaksanaan di tempat pemungutan suara (TPS).

Bacaan Lainnya

“Limnas 2 orang per TPS, berarti dikalikan 2500. 5000 linmas, dan untuk honor Rp650 ribu,” katanya, Senin (7/12/2020).

Sementara yang dilakukan atau yang disiagakan Polres Sumenep, sebanyak 893 personel kepolisian. Di dalamnya termasuk 1 kompi Brimob yang berjumlah 85 personel.

Kepala Bagian Operasi Polres Sumenep AKP Achmad Robial mengatakan, perkiraan tingkat kewaranan berdasarkan indeks tingkat potensi kerwanan (IPK) belum terdeteksi, artinya masih bisa dikendalikan.

Kendati seperti itu, sebagai antisipasi, sudah ada pemetaan dengan membagi personel brimob di setiap rayon. Pihaknya juga mendapat dukungan personel penagaman dari tiga Mapolres lain di Madura.

“Pemetaannya, anggota personel dari Polres Sumenep nanti akan disebar ke kepulauan dan BKO dari daerah lain dikhususkan untuk wilayah daratan,” paparnya.

Dia menyebutkan, personel dari daerah lain meliputi Polres Sampang 104 personel, Polres Bangkalan 100 personel, dan Polres Pamekasan 100 personel.

Sedangkan dari internal Sumenep sendiri diterjungkan sebanyak 504 personel yang ditambah 85 personel brimob. Menurutnya, ploting jumlah petugas pengamanan setaip wialayah berbeda. Sesuai dengan analisa tingkat kerawanan di daerah tersebut. Meski secara detail tidak disebut daerah rawan tersebut.

“Tentunya kami juga membantu diakses transportasinya, termasuk proses pengiriman logistik, yang dikhawatirkan terganggu cuaca buruk,” pungkasnya.(ara/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *