Pengelolaan Limbah Medis RSUD MA Sumenep Taat Aturan

(FOTO: RSUD MA for Kabar Madura) APRESIASI: Limbah medis di RSUD MA Sumenep aman, karena dikelola dengan baik sejak 2012.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Penempatan RSUD dr. H. Moh. Anwar (MA) Sumenep limbah medis sangat strategis. Dengan demikian, pembuangan sampah medis atau limbah medis sangat aman. Tidak ada satu pun limbah medis yang terbuang bukan pada tempatnya.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar (MA) Sumenep Erliyati mengatakan, pengelolaan sampah medis atau bahan berbahaya dan beracun (B3) mulai sejak tahun 2012 sudah dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Hal tersebut sudah dirasa aman. Sebab, dalam satu pekan dilakukan 3 kali pengangkutan sampah medis.

“Jadi, semua sampah medis sudah aman, tidak akan pernah berbahaya pada kesehatan manusia,” katanya, Rabu, (7/12/2021).

Dia mengatakan, sejak tahun 2019, RSUD MA bekerja sama dengan PT. Arah Environmental Indonesia. Sehingga, sampah medis di RSUD MA aman dari segala virus yang ada pada sampah medis. Harapannya, perusahaan tersebut dapat bekerja sesuai aturan yang berlaku.

Kerja sama ini untuk mengantisipasi menumpuknya sampah medis di RSUD MA Sumenep. Ke depan, akan dilakukan evaluasi minimal satu pekan sekali. Khususnya sampah medis serta evaluasi lainnya.

“Semoga sampah medis atau limbah medis di RSUD MA dapat teratasi dengan baik,” ujar dia.

Humas RSUD Dr. H. Mohammad Anwar Sumenep Arman Endika Putra menegakui, limbah medis di RSUD MA sudah aman. Karena sudah dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Sehingga, dirinya optimis dan memastikan bahwa sampah medis tidak tercampur dengan sampah-sampah masyarakat.

Menurut dia, sampah-sampah yang bisa dimusnahkan diselesaikan dengan cara dimasukkan ke dalam incinerator atau alat pembakaran sampah medis. “Jadi, intinya tidak ada sampah medis di RSUD MA yang kocar-kacir. Semuanya, sudah diatur,” ucap Arman.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

 

 

 

Tinggalkan Balasan