Pengelolaan Pariwisata Banyak Dikuasai Perorangan

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Bangkalan-Pengelolaan tempat wisata di Kabupaten Bangkalan belum sepenuhnya dikelola pemerintah setempat. Bahkan, sebagian besar tempat wisata masih dikelola oleh pihak swasta.
Kondisi itu mengakibatkan sektor wisata minim kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan M. Hasan Faisol mengatakan, pihaknya tengah mencari solusi agar pengelolaan pariwisata di Bangkalan bisa dikelola oleh pemkab.

“Banyak tempat wisata di kabupaten Bangkalan dikelola swasta. Diantaranya wisata di daerah Kecamatan Galis, Arosbaya dan Desa Jaddih Kecamatan Socah,” ucapnya, Kamis (18/7).

Dijelaskan Faisol, dalam pengelolaan wisata pihaknya sudah memiliki rencana, yakni melakukan pendekatan dan pengelolaan dengan sistem kerjasama dengan pihak ketiga.

“Kami akan berusaha untuk melakukan pendekatan kepada pemilik wisata agar bisa bekerjasama. Kita mengundan mereka untuk mencari jalan keluar,” paparnya.

Faisol berharap dengan mengundang para pengelola wisata, nantinya pihak swasta bisa terbuka dan bisa diajak bekerjasama dengan pemkab.

“Upaya pendekatan akan dilakukan, tinggal sistem kerjasamanya yang mau disepakati belum ada pembahasan,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron. Pihaknya mengaku akan mengusahakan untuk melakukan musyarawarah bersama agar pengelolaan wisata yang masih dikelola perorangan tersebut bisa bekerjasama dengan pemeritah setempat.

“Sebagian pengelola wisata ada yang sudah menerima untuk bekerjasam dengan pemkab, tinggal yang masih belum bisa diajak bekerjasama ini yang masih kami usahakan,” ungkapnya.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Bangkalan itu menegaskan, jika saat ini pihaknya akan terus melalukan pendekatan agar pengelolaan pariwisata di Bangkalan bisa bersinergi dengan harapan pemerintah. Termasuk soal kontribusi terhadap PAD.

“Semoga pengelola pariwisata yang sifatnya perorangan bisa bekerjasama baik dengan pemerintah,” tukasnya. (mam/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *