oleh

Pengembangan Wisata Perlu di Imbangi dengan Kearifan Lokal

Kabarmadura.id/SAMPANG-Rencana pemerintah pusat untuk mengembangkan objek wisata Lon Malang, mendapat perhatian khusus dari sejumlah tokoh masyarakat setempat. Pasalnya, terdapat upaya modernisasi di objek wisata tersebut. Masyarakat setempat mengharapkan, modernisasi Pantai Lon Malang perlu dimbangi dengan penguatan kearifan lokal dari wilayah sekitarnya.

Kementerian Pariwisata rencananya menggelontorkan dana Rp1,6 miliar untuk pengembangan objek wisata bahari di Kecamatan Sokobanah tersebut.

“Ini menjadi salah satu pengembangan yang sangat bagus, namun perlu diketahui, perlu rasanya dilakukan perimbangan dengan tidak melepaskan kondisi kearifan lokal yang ada di sekitar objek wisata itu,” kata anggota DPRD dan tokoh masyarakat setempat Syamsul Ariffin.

Membentuk identitas wisata dari Pantai Lon Malang, kata Syamsul, juga diperlukan. Tujuannya, agar ditemukan warna tersendiri dibandingkan dengan objek wisata lain di Kabupaten Sampang dan sekitarnya. Serta mampu memunculkan suguhan berbeda dengan daerah lainnya.

“Jadilah objek wisata apa adanya dengan tetap mempertahankan kearifan lokal, bukan mengikuti perkembangan zaman, karena masyarakat mulai bisa memilah dan memilih objek wisata yang diinginkan, sehingga menjadi salah pilihan destinasi yang mampu memberi warna tersendiri,” tambahanya.

Sementata itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang Aji Waluyo membenarkan hal tersebut. Bahkan, sumber utama sokongan bantuan dana tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Pariwisata.

Dikatakannya, Pantai Lon Malang memang memiliki panorama dan deburan ombak yang bagus. Sehingga akan dikembangkan dalam sektor sarana dan prasarana yang ada nantinya.

“Dana Rp1,6 miliar tersebut nantinya akan dialokasikan untuk pembangunan fasilitas. Desainnya sudah ada,” katanya.

Pantai Lon Malang ditargetkan tidak akan kalah dengan objek wisata pantai lainnya. Namun, pembangunan fasilitas penunjang tidak akan langsung dibangun semua, tapi bertahap.

“Ini prosesnya bertahap, yang jelas sarana penunjang akan disiapkan nantinya,” tandasnya. (awe/waw)

Komentar

News Feed