oleh

Pengesahan PAPBD Pamekasan di Ujung Deadline, Program Fisik Terancam Tidak Digelar

KABARMADURA.ID, Pamekasan –Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pamekasan tahun anggaran 2020, tidak kunjung diparipurnakan dan disahkan. Padahal, pengesahan P-APBD sudah memasuki batas waktu.

Tak pelak, sejumlah pihak menilai lambannya penetapan perubahan anggaran keuangan (PAK) atau PAPBD akan menyebabkan sejumlah pembangunan fisik tidak akan digelar dengan optimal karena harus dikebut sebelum memasuki tahun 2021.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Fathor Rohman menjelaskan, pihaknya telah menerima pengajuan PAK dari eksekutif, namun karena hingga saat ini pihaknya masih menunggu evaluasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, sehingga pengesahan belum bisa dilakukan.

Kendati demikian, pihaknya memastikan bahwa dalam bulan ini PAK akan segera rampung. Sebab menurutnya, bulan Oktober ini merupakan masa terakhir rentan waktu yang ditetapkan. Bahkan jika bulan ini PAK tidak kunjung selesai, maka pihaknya akan menerima sanksi oleh pemerintah pusat.

“Kalau tidak bulan ini, maka kita sudah melanggar aturan bahwa PAK itu paling lambat akhir bulan Oktober,” ucapnya.

Idealnya menurut Fathor, rentan waktu yang hanya 60 hari tidak optimal untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Pamekasan. Namun demikian, pihaknya meyakini, tidak banyak sisa pembangunan fisik di sisa waktu tahun anggaran 2020 akibat banyak sektor yang terkena refocusing anggaran.

“Saya yakin proyek fisik tidak terlalu banyak, karena banyak dana yang di refocusing itu,” ujarnya.

Informasi senada juga disampaikan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan Sahrul Munir. Dia menjelaskan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu hasil evaluasi dari Pemprov Jawa Timur.

Dia menjelaskan, masa waktu menunggu hasil evaluasi tersebut yaitu 15 hari efektif setelah diajukan. Bila setelah 15 hari tidak kunjung ada tanggapan dari Pemprov Jawa Timur, maka pihaknya bisa menetapkan dan mengesahkan PAK tahun 2020.

“Apabila selama 15 hari belum memberi tanggapan evaluasi, maka APBD itu langsung bisa ditetapkan,” imbuhnya. (ali/pin)

 

Komentar

News Feed