oleh

Penggati Kotak Suara Rusak Belum Diterima

Kabarmadura.id/SUMENEP-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menemukan 50 kotak suara rusak. Hingga kini, penggantinya belum dikirim oleh KPU Provinsi Jawa Timur.

Keruskan itu ditemukan saat melakukan pelipatan kotak suara beberapa hari yang lalu. KPU Kabupaten Sumenep mengaku sudah memberikan data tersebut ke KPU Provinsi Jawa Timur.

Ketua KPU Sumenep A Warits saat dikonfirmasi mengakui bahwa selama ini pihaknya masih menunggu penggati kurusakan kotak suara. “Kotak suara itu, masih dalam proses, dan kami masih menunggu dari KPU Provinsi, Jawa Timur”ungkapnya.

Meski pelaksananan pemilu pada tahun ini tinggal 20 hari, kotak itu tak kunjung datang. Pihaknya mengaku tidak bisa berbuat apa-apa, selain menunggu dan berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Timur.

“Kita kan sudah merekapitulasi kerusakan itu, jadi kita hanya berkoordinasi dan mengirimkan data itu, dan kita tunggu sampai sekarang,”jelasnya.

Ia menambahkan, 3-4 hari sebelum pelaksanaan pemilihan kotak suara beserta berkas lainya sudah sampai ditingkat kecamatan. Kotak suara itu, menurutnya akan disebar di 4.315 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 27 kecamatan se Kabupaten Sumenep.

Tahun ini, lanjutnya, masyarakat Sumenep yang akan menggunakan hak pilihnya sebanyak 872.764 orang .

Dalam pelakasanaan nanti, ia meminta masyarakat lebih pro aktif pesta demokrasi tahun ini sukses.

“Ya, kita harus memelih nanti, tidak boleh ada yang golput, itu saja,” harapnya. (mun/rei).

Komentar

News Feed