Penggunaan dan Laporan Tahap I Tidak Tuntas, Mayoritas Desa di Bangkalan Belum Mengajukan Pencairan DD Tahap II

(FOTO: KM/HELMI YAHYA) Hosin Jamili-Kepala DPMD Bangkalan

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Mayoritas desa belum mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap II. Dari ratusan desa, hanya ada 10 desa yang mengajukan pencairan dana tersebut. Salah satu indikasinya, banyak desa yang belum menuntaskan penggunaan DD tahap I. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan Hosin Jamili, Kamis (3/3/2022).

Menurutnya, pengajuan pencairan DD di 10 desa sudah dilakukan verifikasi. Sedangkan untuk pengajuan pencairannya melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di Pamekasan. Bahkan saat ini, 10 desa tinggal menunggu transfer ke rekening desa melalui Bank Jatim.

“Keseluruhan 173 desa. Sedangkan yang mengajukan hanya 10 desa. Jadi masih ada sebanyak 163 desa. Tapi kami tidak bisa menyebutkan desa mana saja yang sudah mengajukan, karena rawan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pihaknya mengimbau kepada ratusan desa agar segera menyelesaikan laporan penggunaan DD tahap I. Serta menyiapkan rencana anggaran biaya (RAB) dan proposal untuk pengajuan pencairan DD tahap II. Apalagi, pencairan DD tahun 2022 dibagi tiga tahap. Tahap pertama dan kedua sebesar 40 persen dari pagu. Sedangkan tahap ketiga 20 persen dari pagu yang diajukan.

“Komposisi DD ini sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 tahun 2021, sebanyak 40 persen dialokasikan untuk bantuan langsung tunai (BLT), 20 persen ketahanan pangan dan hewani, 8 persen penanganan Covid-19 dan sisanya untuk prioritas desa,” ucapnya.

Lebih lanjut pihaknya menuturkan, jika memang ada kesulitan dalam melakukan pemanfaatan sesuai dengan Perpres biasanya desa akan melakukan konsultasi dengan dinas. Namun sementara ini masih belum ada desa yang konsultasi khusus penggunaan DD tahap I. Sehingga kemungkinan masih dalam proses realisasi.

“Sekarang sepertinya masih sedang direalisasikan, jadi masih banyak yang belum mengajukan,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu Kades Batu Biru Kecamatan Tanjungbumi Bangkalan Ahmad Muhlis mengaku, masih dalam tahap penyelesaian laporan DD tahap I. Sehingga untuk mengajukan DD tahap II masih fokus menyelesaikan realisasi dan laporan penggunaan DD tahap I.

“Sebenarnya kami sudah siap mengajukan. Tapi kami masih menunggu beberapa desa lainnya. Mungkin minggu depan, banyak desa yang belum mengajukan juga sepertinya,” responnya.

Pengajuan Pencairan DD Tahap II

  • Proses verifikasi
    • 10 desa
  • Belum mengajukan
    • 263 desa
  • Jumlah total desa
    • 273 desa

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.