oleh

Penggunaan HVS Dinilai Beri Kemudahan pada Masyarakat Sampang

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang, mulai terapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan Dalam Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Salah satu amanah peraturan itu, yakni mencekat adminduk dengan menggunakan kertas HVS, atau dikenal dengan kertas putih ukuran A4 dengan berat 80 gram.

Pelaksana Harian (Plh) Dispendukcapil Sampang Edi Subinto mengatakan, dengan adanya pertauran baru itu, pihaknya menerapkan amanah peraturan itu sejak 1 Juli lalu. Dia menyampaikan, seluruh percetakan adminduk dilakukan sesuai amanah peraturan tersebut.

Dia menuturkan, kebijakan menggunakan kertas HVS untuk mencetak dokumen adminduk  dinilai akan memudahkan masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa mencetak sendiri dokumen adminduk yang dikirim melalui email sesudah melengkapi data administrasi sebagai syarat permohonan ke Dispendukcapil.

“Nanti hasilnya dikirimi ke email pemohon, dan nanti dicetak dimana saja tidak masalah sesuai kebutuhan,” imbuhnya, ungkapnya, Minggu (5/7/2020).

Kendati demikian, dirinya mengimbau masyarakat untuk tidak memperbaharui dokumen adminduk lama. Sebab, seluruh adminduk yang dinyatakan aktif seumur hidup masih bisa dipergunakan untuk kebutuhan administrasi.

“Hal ini tidak perlu dirisaukan oleh masyarakat, karena sudah ketentuan dari pusat. Selain itu, terkait dokumen adminduk di blanko itu tetap berlaku. Jadi tidak usah diubah,” pungkasnya. (mal/pin)

 

Komentar

News Feed