oleh

Penggunaan Nama Jalan Pahlawan di Sumenep Penuh Sejarah

Pahlawan sangat berharga bagi kehidupan kita sehari-hari. Bhakan, harus dikenang. Sebab, mereka merupakan orang hebat yang pernah berjuang untuk bagi negeri ini utamanya di Sumenep yang ada beberapa jalan yang menggunakan nama pahlawan. begitulah kata Sejarawan Sumenep Tajul Arifien.
IMAM MAHDI, SUMENEP

“Nama-nama pahlawan dijalan Sumenep merupakan kebaggaan tersendiri agar masyarakat selalu menyebut dan tidak lupa jasa pahlawan,” uap Tajul mengawali ceritanya, Rabu (11/11/2020)

Katakanlah,  lanjut Tajul, jalan KH Abdullah Sajjad beliau lahir di Guluk-Guluk,sebagai anak keempat pasangan KH Muhammad Syarqawi dan Nyai Qomariyah dari tujuh bersaudara. Ayahnya sebagai pendiri Pesantren Guluk-Guluk (kini Pesantren Annuqayah), Sumenep, Madura, pada tahun 1887. 

“Dia merupakan pahlawan Fisabilillah yang pernah ditembak pada zaman belanda pada waktu salat 2 rakaat” paparnya. 

Kemudian, Jalan Letnan Ramli yang merupakan nama pahlawan yang meninggal di atas tang belanda yang merupakan pahlawan pelindung pertahanan Madura paling tangguh. Kuburannya sekarang ada di Asta tinggi dengan penanda bambu runcing.

 “Semua jalan di Sumenep sangat berpengaruh dan harus diingat,” ucapnya. 

Menurutnya, Tahun 1946, Letnan Ramli ditugaskan  di Madura Barat (Bangkalan). Tepatnya beliau menduduki posisi sebagai Komandan Seksi I Kompi IV Batalyon III Resimen V Madura Barat. Tugasnya untuk mempertahankan pantai Kamal, Pier Timur dan Jungrate dari rongrongan pasukan Belanda yang tidak mau menerima kedaulatan NKRI,”papar dia 

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Roby Firmansyah mengungkapkan, nama jalan di Sumenep bukan tidak ada literasi khusus. Tetapi masyarakat enggan membacanya. Sehingga, saat ini kayaknya mulai memudar. 

Dia berencana akan mengadakan buku yang akan ditaruh di perpustakaan Sumenep. Sehingga, para pengunjung akan dapat membacanya “pengadaan buku khusus ini tentunya butuh proses,” paparnya. (imd/bri)

Komentar

News Feed