Penghasilan Pelaku Usaha Merosot Drastis, Legislatif Minta PPKM Dievaluasi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) MEMPRIHATINKAN: Pedagang kali lima (PKL) di Sumenep mengaku jumlah pembeli semakin merosot sejak penerapan PPKM.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang mulai kehilangan pembeli. Bahkan, penghasilan para PKL bisa dikatakan merosot drastis semenjak kebijakan tersebut diterapkan.

Hafiki, salah satu PKL menceritakan, bahwa sebelum PPKM, penghasilannya rata-rata mencapai Rp1 juta per hari. Namun menurutnya, saat ini jauh menurun, setiap harinya hanya memperoleh Rp5 ribu hingga Rp10 ribu, bahkan jarang barang dagangannya yang laku.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap, masa PPKM segera berakhir, agar masyarakat banyak melakukan aktivitas pembelian seperti biasanya,” katanya, Senin (23/08/2021).

Ia menjelaskan, dalam setahun kontrakan tokonya senilai Rp4 juta. Menurutnya, jika dagangannya tidak laku, akan kebingungan mendapatkan biaya dari mana.  “Kami akan terus bekerja keras untuk kelangsungan hidup keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep Agus Eka Haryadi mengakui bahwa masa PPKM sangat berdampak pada perekonomian. “Penurunan omzet dan penutupan lapak marak terjadi selama pembatasan,” paparnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sumenep Sustono juga menuturkan,  dari 152 ribu usaha mikro di Sumenep, ada sekitar 60.800 yang terdampak. “Jika semakin diperpanjang maka UMKM akan macet,” ujar Agus.

Di lain tempat, Anggota Komisi II DPRD Sumenep Juhari mengatakan, pemangku kebijakan perlu mengevaluasi PPKM dan menyediakan kebijakan alternatif. Semisal, pemberlakukan jam operasi malam ditiadakan bagi para PKL

“Semoga para pedagang ada kesejahteraan dari pemerintah. Kami siap dukung pedagang,” pungkasnya. (imd/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *