Penghuni Rutan Melebihi Kapasitas

  • Whatsapp
RUTAN: Rutan Kelas IIB Sumenep melebihi kapasitas.

SUMENEP-Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sumenep Beni Hidayat menyampaikan, jumlah narapidana yang berada di wilayahnya melebihi kapasitas rutan. Akibatnya, para narapidana harus tinggal berdesak-desakan di dalam rutan.

Beni melanjutkan, kapasitas rutan hanya memuat 100 orang narapidana. Namun, saat ini terdapat 320 orang yang tinggal di rutan. Untuk itu, untuk mencegah agar narapidana tidak bosan, pihaknya mengadakan berbagai kegiatan dari yang bersifat keterampilan hingga keagamaan.

“Ya agar mereka tidak terasa sesak di sini, kami adakan berbagai kegiatan. Para narapidana itu sering nongkrong di musala, juga ada yang sering nongkrong di tempat kerja batik ini, sehingga saya yakin mereka tidak terasa jenuh. Ada juga ruang perpustakaan, sehingga napi bisa mengisi waktu dengan hal-hal positif,” katanya.

Menurutnya, untuk mengatasi over kapasitas ini sudah seharusnya pemerintah membangun rutan dan lapas baru. Namun solusi ini tidak serta merta menyelesaikan permasalahan tersebut karena jumlah penghuni pun terus bertambah sedangkan pembangunan rutan dan lapas baru kadang terbentur dengan anggaran yang ada.

“Bangunan Rutan di sini harus pindah kalau mau diperluas. Karena pengembangannya terbentur dengan bandara,” imbuhnya.

Sementara salah satu narapidana atas nama Tafip Trisno Aji mengaku sangat berterima kasih karena adanya bannyak kegiatan di rutan. Hal itu menurutnya dapat menggali dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri napi dan bernilai sangat positif.

“Insyaallah saya akan menjadi lebih baik ke depannya, karena berbagai pembinaan telah kami dapatkan di sini,” katanya. (km48/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *