oleh

Pengidap HIV/AIDS Capai 74 Orang

Kabarmadura.id/Bangkalan-Memperingati Hari human immunodeficiency virus atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) sedunia, penderita penyakit tersebut di Bangkalan masih tinggi. Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan, pada tahun 2019 ini setidaknya ada 74 orang yang menderita penyakit tersebut.

“Kalau dikumulatifkan dari tahun lalu hingga sekarang 74 orang yang terdeteksi oleh kita,” Kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Bangkalan, Sudibyo, Minggu (2/12).

Masih menurut lelaki yang kerap disapa Yoyok ini, pada tahun ini sedikit mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu. Sedangkan, sebaran terbanyak yang mengidap penyakit ini di wilayah Kecamatan Kota. Menurutnya, pola hidup yang tidak sehat dan bergonta-ganti pasanganlah penyebab utamanya.

Saat ini sendiri, untuk mencegah dan menanggulangi penyakit tersebut hanya bisa memberikan edukasi saja kepada masyarakat. “Yang bisa kita lakukan saat ini untuk pencegahannya kita berikan edukasi mengenai penyakit ini, sosialisasi khususnya di sekolah-sekolah,” paparnya.

Sebab, dari 74 orang tersebut, penyakit ini banyak mengidap masyarakat dikalangan usia produktif. Lebih lanjut, Yoyok mengaku, bahwa untuk pelayanan penyakit ini sendiri masih terkendala dengan adanya tempat pelayanan bagi masyarakat yang menderita HIV.

Di Bangkalan sendiri, unit atau tempat pelayanan penyakit tersebut masihlah terbatas. Dari 22 puskesmas dan 6 rumah sakit yang ada di Bangkalan. Hanya 3 unit yang mampu melayani penyakit ini atau memiliki fasilitas penanganan orang dengan HIV dan AIDS (ODHA). Tiga pusat layanan kesehatan yang mampu menangani HIV/AIDS yakni RSUD Syarifah Ambami Ratho ebhu (Syamrabu) Bangkalan, Puskesmas Blega dan Puskesmas Socah.

“Tahun depan insyaallah kita akan menambah unit layanan pusat rujukan penanganan. Doakan saja, kami akan menambah lokasi untuk tempat pengobatan penderita HIV/AIDS di puskesmas Kamal, Puskesmas Kwanyar dan puskesmas Tanah Merah,” pungkasnya. (ina)

Komentar

News Feed